Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Tingkatkan Kerjasama Reformasi Pelayanan Publik dan Lemabaga Pemasyarakatan, Indonesia Bekerja Dengan Sama Georgia

    Georgia, TN - Menteri Hukum dan HAM RI melakukan Kunjungan Kerja ke Georgia dalam rangka memenuhi undangan Minister of Correction of Georgia (Yang Mulia Mr. Kakha Kakhisvili) untuk membicarakan potensi kerjasama kedua negara di bidang pemasyarakatan (3-4/4). Dalam kunjungan kerja ini, Menteri Hukum dan HAM RI juga berkesempatan bertemu dengan Minister of Internal Affairs (Yang Mulia Mr. Giorgi Mghebrishvili) dan Acting Minister/First Deputy Minister of Justice (Mr. Alexandre Baramidze) guna bertukar pandang terhadap isu-isu bidang hukum yang menjadi perhatian bersama juga mempelajari keberhasilan reformasi  kelembagaan dan pelayanan publik di kedua Kementerian tersebut.

    Dorongan saya untuk memenuhi undangan ini adalah mengingat Georgia merupakan salah satu negara eks Uni Soviet yang berhasil menempatkan dirinya menjadi salah satu negara maju di Eropa melalui upaya-upaya reformasi di berbagai bidang.

    Di bidang pemasyarakatan Minister Kakha Kakhisvili memaparkan strategi reformasi  yang dilakukan Georgia sejak tahun 2012 dalam penanganan over kapasitas, pemberdayaan warga binaan melalui online shop yang memasarkan produk-produk warga binaan serta program bebas bersyarat dalam rangka mempersiapkan para warga binaan untuk kembali ke masyarakat. Salah satu terobosan yang sangat membantu mengatasi masalah over kapasitas adalah pemberian amnesti kepada para narapidana narkoba yang dikategorikan sebagai pengguna.

    Reformasi lain yang sangat mengesankan adalah pendirian Public Service Hall (PSH) yaitu sebuah sistem manajemen pelayanan terpadu kepada masyarakat atas lebih dari 450 (empat ratus lima puluh) jenis pelayanan antara lain seperti SIM, Paspor, Visa, Legalisasi Dokumen (Apostille), Akte Kelahiran, Akte Pernikahan, Akte Perceraian, Pelayanan Pendaftaran Kegiatan Usaha, ID Card serta Kewarganegaraan. Masyarakat memperoleh kepastian waktu pelayanan pembuatan dokumen melalui fasilitas tersebut.

    Disamping pertemuan-pertemuan formal, kunjungan-kunjungan ke fasilitas pemasyarakatan dan Public Service Hall (PSH) semakin meyakinkan saya akan keberhasilan reformasi yang masih terus dilakukan oleh Pemerintah Georgia.

    Disela-sela kunjungan, Delegasi Indonesia berkesempatan untuk juga menyaksikan inovasi dalam pelayanan darurat kepada masyarakat dengan membangun sebuah unit yang disebut 112 - the Emergency and Operative Center yaitu sebuah pusat respon cepat dan pengendali keadaan darurat yang mengintegrasikan pelayanan kepolisian, kesehatan/ambulance dan pemadam kebakaran melalui line 112.

    Dalam perjalanan kembali ke Jakarta, selama 1 jam transit di Baku Azerbaijan, saya didampingi Duta Besar RI untuk Azerbaijan menyempatkan diri bertemu dengan Wakil Menteri Kehakiman Azerbaijan untuk membicarakan tindak lanjut usulan Azerbaijan terkait pembentukan MoU antara Indonesia dan Azerbaijan. Cakupan MoU tersebut adalah terkait dengan isu-isu yang menjadi kewenangan Kementerian Hukum dan HAM RI dan Kementerian Kehakiman Azerbaijan.

    Sama halnya dengan Georgia, Azerbaijan saat ini tengah melakukan reformasi di bidang manajemen lembaga pemasyarakatan khususnya dalam menangani over kapasitas. Sebagian dari narapidana di penjara Azerbaijan adalah pelaku tindak pidana narkoba yang mayoritas adalah pengguna dalam skala kecil. Setelah melalui berbagai proses konsultasi dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat, pada akhirnya Azerbaijan mengambil kebijakan untuk memberikan amnesti pada para narapidana tersebut. Bagi mereka diberikan program rehabilitasi yang membawa dampak kepada menurunnya jumlah pengguna narkoba.

    Baik mitra kami di Georgia maupun di Azerbaijan sangat antusias untuk segera menindaklanjuti kesepakatan-kesepakatan kerjasama yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan pelayanan publik di kedua negara serta penanganan over kapasitas lembaga pemasyarakatan.

    #IA-01/ Humas KBRI Kyiv

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi