Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Walikota Padang dan Walikota Fremantle Berselaju Sampan di Festival Selaju Sampan Tradisional 2017

    Padang(SUMBAR),TN- Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah keluar sebagai pemenang saat berselaju sampan di Banjir Kanal Banda Bakali GOR H. Agus Salim, Padang, Selasa (2/5). Lawannya pun tak tanggung-tanggung, Walikota Fremantle, Australia, DR Brad Pettitt.

    Meski bertajuk pertandingan ekshebishi, kedua walikota ini nampak berambisi untuk menjadi pemenang. Begitu menaiki sampan berwarna hijau, Walikota Padang langsung duduk di depan, sebagai penunjuk arah dan penyemangat. Begitu halnya dengan Walikota Fremantle, duduk di barisan depan sampan berwarna merah bersama rombongan.

    Begitu bendera star diangkat, kedua sampan saling berpacu. Pedayung mengayuh sekuat hati. Di pinggir Banjir Kanal, penonton saling bersorak menyemangati.

    "Hijau, merah, hijau, merah," teriak penonton menyemangati pedayung yang berada di kedua sampan.

    Kedua sampan melesat kencang di atas air. Sampan Walikota Padang unggul saat setengah perjalanan menuju garis finish. Mahyeldi nampak semangat, terlebih mendapat dukungan dari publik sendiri.


    Menjelang garis finish, Mahyeldi mengangkat dayung di tangannya. Tangannya pun sigap memukul labu sebagai tanda bahwa sampan miliknya lebih dulu menyentuh garis finish.

    Usai melewati finish, Walikota Fremantle dan tim langsung bertepuk tangan memberi 'applaus' kepada tim Walikota Padang.

    "Saat ini kita (Indonesia dan Australia) berdampingan di sungai. Karena inilah saatnya kita membina hubungan baik," ujar Walikota Padang di pinggir Banjir Kanal.

    Mahyeldi menyebut, Kota Padang berada di pinggir laut dan memiliki banyak anak sungai. Karena itu, seluruh warga Padang tidak boleh ada yang tidak pandai melaut dan ke sungai.

    "Kita ingin selaju sampan terus mentradisi di tengah masyarakat," harap walikota.

    Sementara itu, Walikota Fremantle DR Brad Pettitt memuji kemenangan tim Walikota Padang pada pertandingan persahabatan. DR Brad Pettitt menyebut sangat menyukai pertandingan persahabatan selaju sampan pada hari itu.

    "Sangat sulit, tetapi menyenangkan, dan ini (selaju sampan), tidak ada di tempat kami," akunya sambil mengelap keringat yang mengucur di dahinya.

    DR Brad Pettitt menyebut, pihaknya akan membawa tim dayung di daerahnya untuk ikut berpartisipasi di kegiatan selaju sampan di Padang.

    "Kita akan bawa ke sini nanti," ujarnya.

    Seperti diketahui, kunjungan Walikota Fremantle ke Padang dalam rangka kunjungan persahabatan. Di sela kunjungannya itu, Walikota Padang mengajak Walikota Fremantle untuk ikut berselaju sampan pada acara Festival Selaju Sampan Tradisional 2017 bertajuk "Selaju Sampan Badunsanak".





    #IA-001/Charlie/DU/Tafrizal/Yurizal

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi