Wahyu : Buka Jalan Baru di Gunung Pangilun, Partisipasi Warga Capai Rp2 Miliar - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Wahyu : Buka Jalan Baru di Gunung Pangilun, Partisipasi Warga Capai Rp2 Miliar

    Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra, memimpin pelaksanaan goro pembangunan jalan baru di Kelurahan Gunung Pangilun, Minggu (22/5/2017). (humas)
    Padang(SUMBAR),TN - Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra menyampaikan, partisipasi warga dalam kegiatan gotong-royong manunggal, bukan lah isapan jempol semata. Nilai rupiah atas swadaya masyarakat untuk pembangunan jalan di kegiatan gotong royong tersebut, cukup tinggi.

    "Nilai swadaya masyarakat di manunggal kali ini mencapai Rp2 miliar. Hal ini dengan asumsi harga tanah Rp2 juta per meter di kawasan tersebut. Pemiliknya telah bersedia menyerahkan tanahnya untuk pembangunan jalan tanpa harus ganti rugi," ungkap Wahyu, saat memimpin gotong royong membuka jalan baru, jalan tembus sepanjang 90 meter dengan lebar 10 meter dari Jl Semeru Raya ke Jalan Semeru V, Minggu (21/5/2017).

    Atas partisipasi aktif warga ini, Wahyu mengharapkan Pemko, untuk memberikan perhatian penuh terutama untuk pengaspalannya. "Berbagai tanaman, diikhlaskan masyarakat untuk ditebang demi pembangunan jalan ini. Tenaga masyarakat yang goro dan lain sebagainya juga merupakan nilai yang tak terhitung pula," terang Wahyu.

    Dalam goro ini, bersama Wahyu juga ikut Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir bersama tokoh masyarakat lainnya. Di sela goro, lokasi ini dikunjungi Tim IV Monitoring kegiatan Goro manunggal Pemko Padang yang diketuai Dian Fachri bersama Kepala Kesbangpol Mursalim, Camat Padang Utara Editiawarman dan lainnya.

    Sementara, Andi Amir menyebutkan, jalan yang dibukan dan sedang dikerjakan warga sudah termasuk dalam perencanaan tata ruang kota. Sebelumnya, masih ada terkendala karena ada warga pemilik lahan belum sepakat untuk menyerahkan lahannya.

    "Berkat komunikasi yang baik dengan masyarakat, lahan tersebut akhirnya bisa dipakai untuk pembangunan jalan ini," terang Andi Amir.

    Anggaran manunggal sebesar Rp35 juta dari Pemko Padang, menurut Andi Amir, berkat partispasi warga, nilaianya jadi berlipat-lipat.

    Ketua kegiatan manunggal kelurahan Gunung Pangilun, Durhano mengatakan, terbukanya jalan ini akan memudahkan akses warga menuju Jalan Gajah Mada yang menjadi jalan utama di Gunung Pangilun.

    #IN-001/rls/vri

      

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi