Wahyu: Kampung KB Berok Harus Bisa Jadi Percontohan - Tanamonews.com
  • Breaking News

    TV. TANAMO

    Wahyu: Kampung KB Berok Harus Bisa Jadi Percontohan

    Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra menyerahkan bantuan senilai Rp10 juta yang diterima pengurus Mushalla Nurul Hikmah, Darlis, Minggu (11/6/2017). 
    Padang(Sumbar),TN - Harus ada produk khas yang dihasilkan, sehingga kampung KB itu menjadi rujukan dan tempat studi banding bagi daerah lain bahkan provinsi lainnya," ungkap Wahyu pada Safari Ramadhan DPRD Padang, di Mushalla Nurul Hikmah RW 12 Berok, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Minggu (11/6/2017).

    Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra ingin kampung KB di Kelurahan Gunung Pangilun tak hanya sekadar nama dan slogan saja. Program ini harus jelas apa yang dihasilkan dan apa target kedepannya.

    Dia mengatakan, dengan adanya kampung KB itu, tak hanya program pemerintah terkait program KB yang berjalan, namun juga menjadi sarana untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    "Pembentukan Kampung KB itu harus mampu menjadi sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat. Warga di sini hendaknya bias menghasilkan produk unggulan yang nantinya bias dipasarkan seperti di Transmart yang kebetulan berada di sekitar sini,," kata Wahyu.

    Selain peningkatan kesejahteraan, dia juga berharap warga di Kampung KB juga mencerminkan kehidupan Islami. 

    "Tegur sapa dan salam hendaknya selalu tercermin dalam kehidupan masyarakat. Sehingga akhirnya Kampung KB ini menjadi tujuan studi banding bagi daerah lainnya," kata Wahyu.

    Dalam kesempatan itu, Wahyu menyerahkan bantuan untuk Mushalla Nurul Hikmah sebesar Rp10 juta diterima pengurus mushalla tersebut.

    Sementara, Lurah Gunung Pangilun, Andi Amir mengatakan, kampung KB bukan saja untuk menyukseskan program Keluarga Berencana, namun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    "Tujuan pembentukan kampung KB, tidak hanya untuk menyukseskan program KB, seperti 2 anak cukup, dan pemakaian kontrasepsi, namun lebih dari itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelurahan yang menjadi sasaran pembentukan kampung KB," terangnya.

    Menurutnya, dalam kampung KB ini telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan social kemasyarakatan. Untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan tersebut, di kampung KB dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat yang ada.

    Selain pembangunan sarana dan prasarana, diberikan pelatihan yang lebih penting lagi adalah agar program pembinaan kampung KB dilakukan secara terus menerus.

    "Dengan menggandeng seluruh komponan yang ada, permasalahan yang dihadapi warga di RW 12 Kampung KB, mudah dibantu oleh OPD terkait ujarnya, seperti pembangunan jalan oleh Dinas PU, Program KRPL oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pelatihan membuat kerajinan tangan oleh BPMPKB, Bedah Rumah melalui BAZNAS dan Layanan Kesehatan dari Dinas Kesehatandan Puskesmasserta program lainnya.

    Kampung Keluarga Berencana (KB) diperlukan Sebab, keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan kesejahteraan keluarga pra-sejahtera untuk menuju yang lebih baik.

    Pengurus Mushalla Nurul Hikmah, Darlis dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada tim safari Ramadhan DPRD Padang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra itu.

    "Bantuan ini akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan mushalla ini," pungkasnya. 

    #IA-001/kyo

    RADIO TANAMO

    IKLAN DALAM

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi