PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Gempa Bumi Dipicu Sesar Aktif Mentawai Kembali Mengguncang Pesisir Barat Sumbar

Tanamonews.com | Padang, TN - “Hari Minggu tanggal 04 Februari 2018 gempabumi tektonik mengguncang wilayah Padang dan Pariaman. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 06:23:52 WIB  dengan kekuatan M=4,8 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.24 LS dan 99.70 BT, pada kedalaman 22 km”

“Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Agam dan Painan di dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (II-III MMI), PadangPanjang I SIG-BMKG atau (I-II MMI). Beberapa masyarakat telah melaporkan merasakan guncangan di Padang, Pariaman, PadangPariaman, Agam dan Painan.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi Padang yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 07:05:00 WIB belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.”

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif mentawai. Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran mendatar. Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sesar Mentawai yang memiliki pergerakan mendatar di kedalaman 22 km di daerah tersebut.”

*Sesar Mentawai merupakan sesar aktif yang berlokasi di laut sekitar kepulauan Mentawai berjarak sekitar 150 km dari pantai barat Sumatera yang memanjang dari  pulau-pulau Mentawai dari Selatan hingga ke hingga ke sekitar Utara Nias*

Historis gempabumi merusak yang pernah terjadi berdekatan pada lokasi tersebut yaitu gempa bumi pada tanggal 13 September 2007 jam 06:49:04 WIB dengan kekuatan M=7.7 yang menimbulkan kerusakan dan dirasakan di Padang, Painan, Pekanbaru, Sibolga dan Singkil sebesar IV MMI, Duri, Curup, Dumai, Jakarta, Pondok Aren, Singapura,Malaysia sebesar II-III MMI  dan  beberapa waktu yang lalu pada tanggal 1 September 2017 jam 00:06:54 WIB  dengan kekuatan 6.2 yang dirasakan di Padang, Painan, Pariaman dan kepulauan Mentawai sebesar V MMI, Bukittinggi dan PadangPanjang IV MMI, Untuk wilayah limapuluh kota, Tanah datar, Solok II – III MMI namun tidak menimbulkan kerusakan.

Padang Panjang, 4 Februari 2018 *Rahmat Triyono, ST, Dipl.Seis, M.Sc*Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang (1-ia*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza