Pemko Padang Sudah Mempunyai Ruang Command Center - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Pemko Padang Sudah Mempunyai Ruang Command Center


    TANAMO NEWS | PADANG, TN – Pemerintah Kota Padang terus melakukan langkah maju salah satunya dengan menghadirkan sistem pemerintahan berbasis teknologi aplikasi melalui keberadaan “Command Center” atau pusat komando. Hal tersebut, untuk mendukung mewujudkan e-government sekaligus dalam upaya peningkatan pelayanan publik secara cepat, tepat dan mudah yang tentunya sebagai percepatan Padang menuju ‘Smart City’.

    Ruangan yang bertempat di lantai dua gedung Balaikota Padang itu, diresmikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Selasa (30/1/2018). Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung nama yang bertuliskan Command Center dengan dihadiri jajaran Asisten I, II dan III, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta camat se-Kota Padang.

    Walikota dalam kesempatan itu menyampaikan sangat menyambut positif keberadaan ruang Command Center tersebut. Karena memiliki fungsi sebagai ruang pusat kendali kota. Apalagi semua yang terjadi di Kota Padang bisa dipantau dari sini. Terutama berkaitan kegiatan dan program di masing-masing OPD di lingkup Pemko Padang, serta berbagai informasi lainnya seperti bencana alam, kemacetan, data kependudukan, kesehatan, kebakaran dan lainnya.

    “Alhamdulillah, Pemko Padang sekarang sudah memiliki ruang Command Center yang terlihat begitu representatif disertai sarana dan prasarananya,” sebutnya.

    Mahyeldi juga mengharapkan, dengan adanya ruang Command Center ini tentunya akan memberikan kemudahan integrasi dan akses data atau informasi yang diperlukan secara cepat dan aman baik untuk pusat layanan dan penyimpanan database bagi seluruh OPD, tingkat kecamatan dan kelurahan yang akan dilaksanakan secara bertahap. Di samping itu juga membantu dalam mengontrol wilayah dan kinerja jajaran OPD, informasi terkini dan perkembangan kota melalui dashboard informasi publik.

    “Jadi ruang Command Center ini memiliki arti penting dan merupakan wujud kesungguhan Pemko Padang untuk menata dan menyiapkan proses penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga, secara internal di ruangan ini kita akan bisa melihat berbagai informasi dan juga penyelesaian masalah secara cepat," imbuhnya.

    Tak hanya itu katanya, apalagi di sini juga akan tersedia informasi aktifitas pemerintah masyarakat terkini. "Tentu ini memberikan kemudahan yang luar biasa bagi pemko, masyarakat dan lainnya,” tukuk walikota sembari meresmikan Command Center tersebut.

    Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi mengungkapkan, latar belakang pendirian Command Center untuk menyediakan akses informasi, aplikasi dan pemantauan infrastruktur teknologi informasi yang terintegrasi.

    ‘'Di dalam ruangan ini kita akan menyediakan ruangan data yang berpusat dan sekaligus menyajikan terkait informasi yang dibutuhkan secara akurat, cepat dan tepat. Selain itu apa saja isu yang beredar dan lagi trend saat ini dan beberapa waktu ke depan, juga akan disediakan informasi dan datanya di sini.

    Seperti salah satunya terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Padang yang pelaksanaannya tinggal beberapa bulan lagi. Dan untuk ini, kita tengah mengkoneksikannya dengan KPU Kota Padang sehingga semua informasi semua tahapan pilkada bisa dilihat di Command Center ini,” terang mantan Kabaghumas Pemko Padang tersebut

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi