PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Bimtek DPRD Sumbar Dalami Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan


TANAMO NEWS | BUKITTINGGI (Sumatera Barat), TN - Lahirnya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 45 tahun 2017 menuntut peran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meningkatkan komunikasi dengan masyarakat. PP tersebut mengisyaratkan anggota DPRD lebih giat menjaring aspirasi masyarakat untuk dijadikan sebagai bagian dari materi pada pokok-pokok pikiran DPRD. 

Wakil Rektor Universitas Eka Sakti (Unes) Padang, Agus Salim menjelaskan hal itu usai membuka bimbingan teknis (Bimtek) anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat di Bukittinggi, Jumat (9/3). Menurutnya, PP tersebut mengatur tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah yang tentunya bersinergi dengan peran DPRD dalam menampung aspirasi masyarakat. 

"PP ini menguatkan peran DPRD dalam menjaring aspirasi masyarakat, sebaliknya bagi masyarakat sendiri aturan ini membuka ruang lebih luas kepada masyarakat dalam berperan aktif dalam pembangunan daerah," jelasnya. 

Dia menambahkan, selain mengenai PP nomor 45 tahun 2017, Bimtek tersebut juga mengupas Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan. 

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim terkait Bimtek tersebut menjelaskan bahwa materi yang diberikan sangat penting didalami oleh anggota DPRD. Penyerapan aspirasi masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tugas pokok dan fungsi DPRD. 

"PP ini penting didalami oleh seluruh anggota DPRD sehingga penyerapan aspirasi masyarakat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas DPRD," jelasnya. 

Sementara mengenai Permendagri nomor 84 tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan, DPRD sebagai unsur pemerintahan daerah memiliki fungsi legislasi dan pengawasan. Tentunya akan sangat penting mendalami Permendagri ini sehingga pelaksanaan tupoksi DPRD akan lebih efektif dan efisien. 

Bimtek tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber antara lain dari Sastri Yunizar Bakri Kementerian Dalam Negeri, Dadang Solihin dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Selain itu, juga ada materi tambahan yang disampaikan oleh Asrinaldi, akademisi Universitas Andalas berkaitan dengan persiapan menghadapi pemilihan umum legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilres) tahun 2019. 


#ia.1*tags: Publikasi.(dprd.sumbarprov.go.id)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza