PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Program CSR PT Semen Padang, UMKM Terbantu

Padang - Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatra Barat masih aktif sebagai mitra Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang. Catatan perusahaan, sepanjang tahun lalu PT Semen Padang telah menyalurkan pinjaman modal usaha sebanyak Rp 8,2 miliar kepada 327 UMKM mitra binaan. Seluruh angka tersebut tersebar tak hanya Kota Padang, namun juga 19 kabupaten/kota di Sumatra Barat.


Tanamonews.com | Demikian informasi yang dilaporkan Dirut PT Semen Padang, Yosviandri ketika bertemu dengan Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti di DPRD Kota Padang, Rabu (17/1).

Angka UMKM yang dijangkau Semen Padang pada tahun lalu menambah ribuan UMKM yang sudah terbantu Semen Padang sejak program CSR bergulir pada 1987 lalu. Kepala Biro CSR PT Semen Padang Muhammad Ikrar menyebutkan, hingga saat ini terdata sebanyak 1.678 UMKM yang masih aktif menjadi mitra binaan CSR Semen Padang.

Tak hanya sekadar menyalurkan bantuan modal, CSR Semen Padang juga rutin memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap seluruh UMKM mitra binaan yang ada.

"Bahkan untuk tahun lalu total anggaran yang dikeluarkan CSR dalam melakukan pembinaan terhadap UMKM mitra binaan, mencapai Rp 900 juta. Pembinaan yang dilakukan CSR, diantaranya melalui berbagai pelatihan," kata Ikrar di ruang kerja Ketua DPRD Kota Padang.

Bila pemberian modal dan pembinaan sudah dilakukan, maka pekerjaan rumah bagi Semen Padang selanjutnya adalah penyediaan akses pasar. Hal ini dijawab Semen Padang dengan memberikan peluang UMKM untuk mengikuti berbagai kegiatan promosi. Di antaranya, melalui pameran tingkat nasional maupun lokal.

"Selama tahun ini, berbagai pameran yang diikuti mitra binaan di antaranya Pekanbaru Expo, Batam Expo, Sumbar Expo, Pariaman Expo dan Padang Expo. Semua pameran yang diikuti mitra binaan itu difasilitasi CSR, termasuk menanggung biaya selama mengikuti pameran," katanya.

Pemasaran di level lokal juga difasilitasi perusahaan melalui Gallery Balanjo oleh-oleh khas Sumatera Barat yang berada di Jalan Pemuda Kota Padang. Di sana, terdapat ratusan produk dari puluhan mitra binaan yang dijual. Namun, lanjut Ikrar, tak semua produk UMKM mitra binaan yang bisa dipasarkan di Gallery Balanjo. Produk-produk yang dijual di sana harus memenuhi standar baku terutama untuk kualitas produk, kemasan, dan kesehatan. Pemasaran di Gallery Balanjo juga bisa dilakukan secara daring, di situs [gallerybalanjo.com]

"Seluruh produk mitra binaan yang dijual di Gallery Balanjo oleh-oleh khas Sumatra Barat Jalan Pemuda, dapat dipesan melalui website gallerybalanjo.com," ujarnya. (adi/si)


Tag/Hyprlink  : DPRD Kota Padang, PT. Semen Padang, UMKM

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza