PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Teruskan Pesan di WhatsApp Boleh 5 Kali

WhatsApp batasi pelanggannya untuk teruskan pesan hanya 5 kali dan mulai diberlakukan hari ini.


Tanamonews.com | Penyedia layanan pengiriman pesan WhatsApp (WA) membatasi pelanggannya untuk meneruskan satu pesan atau forward hanya lima kali saja.

Kebijakan yang dikeluarkan untuk mengurangi sebaran hoaks ini berlaku per 22 Januari 2019.

"Pertemuan Menteri Kominfo dengan Vice President Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand membahas langkah nyata untuk mengurangi penyebaran hoaks yang sangat cepat viral melalui aplikasi pesan instan WhatsApp," tulis Kominfo dalam siaran persnya nomor : 16/HM/KOMINFO/01/2019 Tentang Hasil Pertemuan Menteri Kominfo dengan Perwakilan WhatsApp yang di rilis melalui websitenya www.kominfo.go.id, Senin (21/01/2019).

Pembatasan jumlah forward pesan melalui WhatsApp telah dibahas sejak kuartal ketiga tahun 2018. Adapun beta test fitur itu telah dilakukan sejak dua bulan terakhir. Fitur pembatasan forward pesan melaui WhatsApp akan mulai berlaku efektif pada tanggal 21 Januari 2019 waktu Los Angeles atau tanggal 22 Januari 2019 Pukul 12.00 WIB.

Menurut Kominfo, upaya pengurangan penyebaran hoaks melalui WhatsApp telah menjadi perhatian global. World Global Influencer Leader dari empat negara sempat melakukan pembahasan dengan pihak WhatsApp untuk mewujudkan langkah pengurangan penyebaran hoaks. Di pembahasan itu, Indonesia diwakili oleh Menkominfo Rudiantara.

"Pembatasan jumlah forward pesan pada aplikasi Whatsapp baru berlaku untuk pengguna OS Android. Untuk IOS sedang dalam proses pengembangan," tulis Kominfo.

Menteri Kominfo Rudiantara mengapresiasi langkah WhatsApp untuk mengurangi penyebaran konten negatif di platform pesan instan itu. "Saya apresiasi. Saya menghormati langkah WhatsApp," katanya usai bertemu perwakilan WhatsApp global di Kantor Kementerian Kominfo, Senin petang. [Adi]

Penulis : Simon Siagian
#Aliansi Jurnalistik Online Indonesia
tag/hyperlink : WhatsApp, Menteri Kominfo, Kementerian Kominfo

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza