Peninjauan Kondisi Danau Singkarak - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Peninjauan Kondisi Danau Singkarak

    "Membangun Ekosistem Ramah Lingkungan untuk Pelestarian Lingkungan Danau Singkarak"


    Tanamonews.com | Permasalahan alam, pertanian, perikanan dan lingkungan hidup di Provinsi Sumatera Barat  merupakan hal yang cukup mendapat perhatian dari Komandan Korem 032/Wbr dan terbukti Korem 032/Wbr  telah melakukan  beberapa kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut. Dengan adanya upaya Danrem tersebut tentunya mendapat sambutan positif dari pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang secara geografis  sebagian besar wilayahnya  adalah pertanian perkebunan dan perikanan serta laut dan danau. 

    Pada hari  Selasa 23 April 2019 Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Barat Bapak Ir. Yosmeri dan Kadis Perikanan dan Pangan Kab Solok Bapak Drh. Kenedy  Hamzah, M. Si melaksanakan peninjauan dan pengecekan terhadap kondisi Danau Singkarak. 

    Korem 032/Wbr  bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi dan Kabupaten telah sepakat untuk membangun kerjasama dalam membangun ekosistem Danau Singkarak yang lebih baik untuk Pelestarian berbagai jenis ikan yang ada di dalamnya. Apalagi didalam danau  terdapat ikan Bilih yang merupakan ikan yang enak dan khas danau Singkarak dan sangat memiliki  nilai jual tinggi.  

    Untuk itu  tentunya ikan ikan tersebut dalam penangkapannya harus sesuai ketentuan dengan tidak mengeksploitasinya secara berlebihan  dan menyalahi aturan yang berakibat akan  punahnya ikan ikan tersebut. 

    Rencana kegiatan membangun ekosistem ini dimaksimalkan setelah Danrem dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan  melaksanakan peninjauan langsung di beberapa lokasi di Danau Singkarak Kab. Solok Provinsi Sumatera Barat. 

    Membangun Ekosistem ini dimaksudkan untuk memperbaiki ekosistem kembali danau dan semua kekayaan yang ada didalamnya, sehingga dengan membangun kembali ekosistem diharapkan ikan ikan yang ada di dalam danau akan lebih terjaga dan bisa berkembang dan dilestarikan  dengan baik dan masyarakat bisa menikmati hasilnya secara berkesinambungan.

    Kadis Perikanan dan Pangan Kab Solok menyampaikan bahwa upaya ini sangat baik untuk kepentingan bersama masyarakat termasuk nelayan.

    Sampai dengan saat ini Pemda melalui Dinas Perikanan dan Kelautan telah melakukan berbagai upaya diantaranya dengan memberikan bantuan kepada masyarakat alat peralatan penangkapan ikan, perahu, jaring ikan yang standar, mesin tempel dan termasuk alat keselamatan. 

    Upaya lain yang dilakukan yaitu membuat daerah lubuk larangan Reservart seluas 4 hektar di Jorong Tembok Nagari Kec. X Koto Singkarak Kab. Solok dengan maksud Lubuk Larangan tersebut dijadikan sebagai tempat berlindung dan berkembangnya ikan tanpa diganggu oleh nelayan. 

    Senada dengan hal tersebut Komandan Korem 032/Wbr  menyampaikan bahwa kedepan lubuk larangan akan ditambah di beberapa tempat di Danau Singkarak. Dan lubuk larangan tersebut nantinya akan memanfaatkan penggunaan BIOS 44 yang bermanfaat untuk menormalkan air dan akan menambah memudahkan berkembangnya semua jenis ikan yang ada dalam air.

    Dengan pemanfaatan BIOS 44 diharapkan akan menambah berkembangnya biota air dan plankton plankton sebagai salah satu sumber makanan ikan. Dalam air dan  ikan ikan yang ada didalamnya akan berkembang dengan baik.

    Dan tentunya upaya ini juga harus disambut dengan baik oleh masyarakat dan Pemda setempat dan tidak melaksanakan eksploitasi  penangkapan  ikan dengan tanpa memikirkan efeknya secara jangka panjang, sementara warga di sekitar Danau  banyak  yang menggantungkan hidupnya dari Danau  Singkarak. Tegas Danrem mengakhiri.*in.

    No comments

    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner dan Pendiri : Indra Afriadi.