Program Kemenag Sumbar, Thaharah Mesjid - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Program Kemenag Sumbar, Thaharah Mesjid

    "Gerakan Thaharah Mesjid Program Unggulan Kanwil Kemenag Sumbar Menyambut Ramadhan"

    Padang - Walau pun hujan rintik-rintik tak menghalangi program Kanwil Kemenag Sumbar melakukan kegiatan thaharah Masjid dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan tetap berlangsung. Kegiatan ditahun kedua ini GerakanThaharah Masjid Tingkat Provinsi Sumatera Barat mengambil tempat di Mesjif Al Muhshinin, Jl. Kasiak Lolo Gunung Sariak Padang.


    Tanamonews.com | Seluruh ASN Kemenag Sumbar baik yang di Provinsi maupun Kabupaten/Kota melaksanakan kegiatan gotong royong bersama di Masjid, Mushalla dan Surau yang telah ditentukan. Kegiatan mulia ini dilakukan secara serentak se-Sumatera Barat pada Sabtu (27/4) pagi.

    Setelah menjajaki beberapa Masjid di Padang, Masjid Al Muhshinin ini dianggap sangat representatif dijadikan tempat pelaksanaan program Thaharah Masjid untuk ASN Kanwil Kemenag Sumbar kali ini.

    Turut Serta dalam kegiatan ini Kakanwil Sumbar yang diwakili Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, Kabid Pakis, Kabid Urais, Kabid Penaiszawa, Kakankemenag Kota Padang, Kasi dan Kasubbag serta staff di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Sumbar, Jajaran KUA terdekat lokasi Kegiatan, Ketua DWP Kemenag Sumbar beserta anggota dan jajaran lurah Gunung Sariak, pengurus serta pemuka masyarakat sekitar Masjid Al Muhshinin.

    Gotong royong ini dimulai dengan membersihkan pekarangan dan lingkungan sekitar Masjid yang sudah ditumbuhi rerumputan dan sampah yang bertebaran. Jajaran Kanwil beserta jajarannya saling bahu membahu bersama pengurus Masjid dan masyarakat setempat membersihkan setiap jengkal pekarangan Masjid, hingga mencat bagian-bagian dinding Masjid yang catnya mulas mengelupas. Kegiatan Thaharah juga dilanjutkan dengan membersihkan bagian dalam Masjid yang akan digunakan jamaah Masjid untuk beribadah.

    Terlihat juga Ketua DWP Kanwil Kemenag beserta anggota DWP berbaur dengan peserta goro. Suasana gotong royong bertambah semarak dengan diiringi lantunan lagu-lagu religi yang diperdengarkan melalui sound Masjid.

    Program gebrakan menjelang Ramadhan ini disambut positif masyarakat sekitar Masjid dan pengurus. Dalam hal ini, pengurus, sangat berterimakasih kepada Kakanwil Kemenag Sumbar beserta jajaran yang telah memilih Masjid Al Muhshini sebagai tempat pelaksanaan kegiatan mulia ini.

    “Alhamdulillah dan sangat bersyukur kehadirat Allah SWT telah kedatangan tamu terhormat dari Kemang Provinsi dan Padang di Masjid kami ini. Ini merupakan sejarah terbaru di negeri ini. Jarang-jarang pemuka/petinggi di negeri ini melakukan kegiatan seperti ini,” ungkap pengurus tangguh tersebut.

    Pengurus berharap kedepannya mendapat perhatian khusus dari Kemenag dalam hal perbaikan fisik Masjid yang memang jauh dari sempurna dan pembangunan yang belum selesai.

    Dalam arahannya, Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan menyampaikan rasa terimakasih kepada pengurus yang telah memberikan lahan untuk beribadah. Terimakasih juga ia sampaikan kepada pegawai di lingkungan Kanwil dan Kemenag Padang yang telah berpartisipasi dalam gebrakan menjelang Ramadhan ini.

    “Berkat kerjasama yang luar biasa ini telah membuahkan hasil yang luar biasa juga dimana bisa mengkondisikan Masjid menjadi rapi dan bersih dan siap menerima kedatangan tamu-tamu Allah SWT selama Ramadhan khususnya,” ungkap H. Irwan.


    “Setuju dengan pernyataan pengurus bahwa Gerakan Thaharah Masjid serentak se-Sumatera Barat pada hari ini memang merupakan program unggulan Kanwil yang telah terlaksana dan kali ini agenda Tahun kedua. Hal ini dilakukan hanya semata-mata karena Allah SWT dan kewajiban kita membangkitkan semangat mencintai Masjid,” tambah Irwan

    Selanjutnya Irwan melanjutkan kegiatan mulia ini dilakukan secara serentak se-Sumatera Barat pada Sabtu (27/4) pagi mulai dari jajaran Kanwil, Kemenag, KUA dan tingkat Madrasah se-Sumatera Barat.

    Terkait Kegiatan Thaharah Masjid ini, melalui wawancara di ruang kerjanya, Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri menjelaskan bahwa dalam kegiatan thaharah masjid rangka semarak Ramadhan memiliki 5 latar belakang.

    Pertama, Kegiatan ini dalam rangka menyabut dan memuliakan bulan suci ramadhan. Untuk menjalankan ibadah Ramadhan tentunya kita harus bersih. Baik bersih secara lahir maupun batin.

    Kedua memberikan kenyamanan dan ketentraman kepada jamaah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dengan bersihnya lingkungan Masjid tentunya akan kenyaman dimaksud akan diperoleh.

    Ketiga, Kegiatan Thaharah masjid ini untuk menjalin silaturrahmi dan jembatan hati dengan masyarakat. Silaturahmi dengan orang-orang hebat yang menyumbangkan hidupnya untuk memperhatikan dan mengurus masjid sehingga hal ini bisa membangkitkan rasa cinta kita juga kepada masjid.

    Keempat, memotivasi keluarga besar Kementerian Agama dan masyarakat untuk mencintai Masjid. Serta kelima, mewujudkan visi dan misi Kemeterian Agama Prov. Sumbar.

    “hal ini membuktikan bahwa kita butuh masyarakat dan begitu juga sebaliknya. Hubungan saling membutuhkan ini bisa dibingkai lagi ke arah yang lebih produktif dan positif. Kita telah menjalankan fungsi kita sebagaimana seharusnya yaitu pelayan masyarakat”, ungkap Hendri

    Kakanwil berharap kegiatan ini sedikit banyaknya telah merubah pola kerja yang hanya duduk di kursi menjadi turun ke lapangan, hingga kehadiran Kementerian Agama dirasakan oleh masyarakat.


    Kakanwil menjelaskan lagi bahwa Thaharah Masjid ini merupakan salah satu program Unggulan Kanwil Kemenag Sumbar dalam Rangka Ramadahan Tahu 1440 H ini. Program unggulan lainnya adalah gerakan wakaf 10.000 Alquran, Gerakan wakaf uang, Tadarus Alquran berbasis IT, Tadarus Alquran di Masjid dan Mushalla serta Tadarus Alquran live di RRI Padang.

    Selanjutnya putra Agam ini meneyebutkan program unggulan lainnya. “Program Ceramah Agama dalam Nuansa Iman di TVRI Sumbar, Khatam Alquran dan Zikir bersama, Kegiatan Nuzul Quran, Buka bersama Kakanwil Sumbar beserta anak yatim dan jajaran. Kegiatan menyantuni anak yatim, pengungpulan dan pendistribusian zakat, serta program Safari Ramadhan ke beberapa masjid dan mushalla di Sumatera Barat,” tutup Hendri.

    Kegiatan Thaharah Masjid diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Kanwil Kemenag Sumbar yakni berupa uang tunai yang dikumpulkan secara spontan ketika kegiatan thaharah berlangsung sebanyak tiga juta enam ratus lima puluh ribu rupiah, yang diserahkan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Sumbar Bahirni dan sumbangan 1 (satu) kardus Al-Qur’an kepada pengurus Masjid Al Muhshinin yang diserahkan oleh Kabid Urais dan Binsyar H. Syamsuir.

    Menurut laporan dari berbagai sumber bahwa kegiatan Thaharah Masjid ini setidaknya ada 173 se-Sumatera Barat dengan rincian, Kab Pesisir Selatan 15 titik, Kab Solok 14 titik, Kab Sijunjung 8 titik, KAb Tanah Datar 14 titik, Kab Padang Pariaman 17 titik, Kab Agam 16 tiitk, Kab Lima Puluh KOta 13 titik, Kab PAsaman 12 titik, Kep Mentawai 5 titik, Kab Dharmasraya 11 titik, Kab Solok Selatan 7 titik, KAb PAsaman Barat 11 titik, Kota Padang 11 tiitik, Kota Solok 2 titik, Kota Sawahlunto 4 titik, Kota Padang Panjang 2 titik, Kota Bukittinggi 3 tiitk, Kota Pakumbuh 5 titik dan Kota Pariaman 3 titik. (Inmas/Mira/Voni)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimpinan Umum/Direktur: Indra Afriadi | Penanggung Jawab