Percepatan Penguasaan Teknologi Upaya Kemandirian Industri Pertahanan - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Percepatan Penguasaan Teknologi Upaya Kemandirian Industri Pertahanan

    "Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Transfer of Technology Program Offset Penangkis Serangan Udara PSU Oerlikon Skyshield"


    Tanamonews.com | Dalam rangka membangun kemandirian Alpalhankam, membutuh dukungan Industri Pertahanan yang berkualitas sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Industri Pertahanan, Sabtu, 22-02-2020.

    Salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan Alpalhankam bagi pengguna adalah dengan cara membangun dan mengembangkan Industri Pertahanan agar Industri Pertahanan menjadi maju, kuat mandiri dan memiliki daya saing. Ofset merupakan bentuk kompensasi yang diperoleh negara dari setiap pengadaan alpalhankam dari luar negeri untuk mendukung percepatan penguasaan teknologi.

    Ditjen Pothan diwakili Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan beserta staf IDKLO Dittekindhan, melaksanakan monitoring dan evaluasi program Ofset melalui Progress Meeting dengan pihak Rheinmetal Air Defence (RAD) sebagai penyedia Ofset pengadaan Alpalhankam Penangkis Serangan Udara (PSU) bertempat di PT Inti Bandung pada hari ini Kamis 20 Februari 2020, serta dihadiri oleh perwakilan dari RAD, Swiss, PT Inti, PT Len Industri, PT Pindad, Politeknik Negeri Batam, personel Depohar 50 dan 60.

    Progress Meeting merupakan salah satu upaya agar Ditjen Pothan Kemhan dapat memonitor program Ofset dari pengadaan PSU produk RAD, Swiss. Kegiatan diawali dengan presentasi Rheinmetal terkait Offset Status, Offset Program Schedule, PCBA Maintenance and Repair Training. 

    Kegiatan Ofset pengadaan PSU untuk TNI Angkatan Udara terdiri dari 6 Modul yang akan diselesaikan sampai dengan tanggal 11 September 2020. Pembagian Modul antara lain : Module Repair, Intelectual Property, Test System sebanyak 3 Module, Automatic Test System (ATS) Calibration and Maintenance, Testing and Fault Diagnostic dan Certification). Saat ini telah memasuki modul ke-3 yang rencananya berakhir pada tanggal 8 Mei 2020, dimana telah menyelesaikan 76% dari keseluruhan kegiatan Ofset.

    Dirtekindhan dalam sambutannya menekankan agar peserta traning dapat memanfaatkan momen ofset ini sebaik-baiknya, segera cepat menerima dan dapati diaplikasikan dalam lingkungan kerja masing-masing agar kemandirian Industri Pertahanan segera terwujud untuk pemenuhan Alapalhankam bagi TNI.

    Kegiatan ditutup dengan kunjungan ke Workshop tempat pelaksanaan training Transfer of Technology, teknologi Penangkis Serangan Udara di PT. Inti. Kegiatan ini berjalan dengan aman, tertib dan lancar (In - Red Bag Datin/Dit Tekindhan).

    Posting oleh: Abu Hafizh
    Publisher: Indra Afriadi
    Sumber teks: https://kemhan.go.id

    Tidak ada komentar

    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza