PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Keberadaan PLTU Teluk Sirih di Sumatera Barat Memberikan Manfaat Besar Bagi Nasyarakat


Tanamonews | Delapan tahun keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih di Sumatera Barat telah memberikan manfaat cukup besar bagi masyarakat. Dampak positif cukup dirasakan masyarakat sekitar karena listrik salah satu sarana untuk menjadikan kehidupan lebih baik

Hal ini bukti komitmen PLN untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi nasional melalui kehadiran listrik di seluruh pelosok negeri. Kehadiran PLTU Teluk Sirih merupakan salah satu bentuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang harus dilakukan secara merata di seluruh wilayah Indonesia sehingga tidak ada lagi defisit daya di seluruh wilayah Indonesia, seperti dirilis manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar.

Nantinya, tidak ada lagi pemadaman bergilir karena masalah kurang daya listrik, khususnya di daerah sekitar Kota Padang, daerah dimana PLTU Teluk Sirih berada. Manfaat kehadiran PLTU Teluk Sirih diungkapkan oleh tokoh masyarakat Teluk Buo, dengan adanya pembangkit listrik di wilayahnya kehidupan masyarakar menjadi lebih baik.

Sebelum ada PLTU Teluk Sirih kami harus menggunakan sampan jika harus ke wilayah lain. Sekarang dengan adanya infrastruktur jalan yang baik akses mobilitas menjadi mudah. Hal ini ikut mendongkrak perekomian menjadi lebih baik.

Infrastruktur dan mendongkrak perekonomian masyarakat, dengan kehadiran PLTU Teluk Sirih juga tidak mengganggu kesehatan atau menimbulkan polusi. Selama ini masyarakat semua baik-baik saja tidak terganggu kesehatannya. Jadi selama ini tidak ada keluhan, kalau ada pasti sudah saya laporkan ke manager unitnya.

Listrik telah membantu mencerdaskan masyarakat dan meningkatkan perekomian, dan bahkan mebuka lapangan pekerjaan. PT PLN (Persero) UIW Sumbar merupakan bagian dari PLN UIK Sumbangteng dan UPK Teluk Sirih sampai saat ini belum pernah menerima laporan dari warga Desa Teluk Buo (warga sekitar Teluk Sirih) terkait keluhan apapun.

Tidak benar bila dikatakan banyak warga yang menyampaikan protes maupun keluhan terkait kehadiran PLTU Teluk Sirih dilingkungan tempat tinggal mereka. Tidak sampai disitu, PLN UIK Sumbagsel dan UPK Teluk Sirih selalu memantau kualitas udara ambien di sekitar Teluk Buo secara rutin untuk memastikan tidak terjadi pencemaran lingkungan disekitar PLTU.

Hal tersebut pun telah sejalan dengan persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan dilingkungan tersebut. Hasil PM25 pun telah sesuai dengan baku mutu peraturan perudangan lingkungan.

Terkait dengan terumbu karang, tambah dia, PLN juga telah melakukan kerjasama dengan Jurusan Biologi Universitas Andalas guna melakukan pantauan terhadap keselamatan dan pelestarian terumbu karang. Bahkan hasil kerapatan terumbu karang di sekitar perairan teluk sirih justru bertambah dari sebelumnya. (Humas - Sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza