Ticker

6/recent/ticker-posts

Kakanwil Kemenag Sumbar Gelar Rapat Dinas, Genjot Penyerapan Anggaran

Tanamonews | Padang, - Memasuki bulan akhir triwulan pertama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri selaku Kuasa Pengguna Anggaran menggelar rapat dinas bersama seluruh unsur pengelola Keuangan pada Kanwil Kemenag Sumbar di ruang kerja Kakanwil, Selasa (2/03).

Kakanwil didampingi Kabag TU, H. Irwan dan Kabid PHU, H. Joben memberikan pengarahan dan bimbingan pengelolaan Keuangan TA 2021 dengan tujuan pembinaan strategi bagaimana agar target dalam percepatan serapan anggaran terwujud. Rapat ini dilaksanakan 4 sesi, untuk sesi pertama Sekretariat dan Bidang PHU, sesi kedua Bimas Islam, sesi ketiga Pendidikan Islam dan sesi keempat Pembimas.

Dalam arahannya, Kakanwil yang menyatakan akan sangat kecewa jika ada anggaran yang kembali kepada negara karena itu menandakan bahwa ketidakberhasilan seriusan dalam keuangan negara. 

"Kita sudah diberikan kepercayaan oleh Negara untuk mempergunakan anggaran tersebut sesuai dengan rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan namun karena ketidakberesan seriusan kita menjadikan anggaran tersebut tidak terserap maksimal dan kembali kepada Negara. Hal ini bisa menjadikan tolok ukur bagi pemerintah dalam mengucurkan dana kepada kita sebagai instansi yang bidang keagamaan, jelas saja ini akan merugikan kita, ”terang Kakanwil lagi.

“Karena masalah ini kita telah mencapai target-target yang telah kita sepakati dalam penyerapan anggaran bisa tercapai. Saya akan memberikan reward kepada bidang atau subbag yang bisa mencapai target penyerapan anggarannya, ”tambahnya.  

Adapun target anggaran serapan anggaran yang disepakati adalah, triwulan I sebanyak 20% dari total anggaran, triwulan II sebanyak 55% dari total anggaran, triwulan III sebanyak 85% dari total anggaran, triwulan IV sebanyak 99% dari total anggaran.

“Penguasaan, pengembangan dan pengembangan perlu ditingkatkan sehingga bisa mendukung dalam target-target,” ujar Kakanwil lagi.

“Terkait PMK 113, jika ada petunjuk langkah terbaik adalah surati irjen perihal, petunjuk dari irjen tersebut jadikan pegangan dalam proses anggaran anggaran,” ulasnya.

“Saya berharap sangat membantu bapak ibu semua baik sebagai PPK, sebagai BP, sebagai BPP dan pengelola keuangan yang bisa menguasai tusi dengan baik melaksanakan secara maksimal dan kinerja secara berkala sehingga kita melihat kelebihan dan kelemahan untuk perbaikan, dan semua pihak pengelola keuangan baik BP, atau pun BPP diharapkan saling koordinasi dengan KPA dan PPK, buat pertemuan terjadwal setiap bulan untuk membicarakan segala hal yang terkait dengan anggaran anggaran ini, ”jelas Kakanwil.

“Terakhir saya berharap pada tahun 2021 dapat mencapai target yang kita sepakati di awal,” tutup Kakanwil.  

Rapat ini ditutup dengan Penandatanganan Surat Pernyataan Pencapaian Target penyerapan anggaran TA 2021 oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri selaku KPA, latihan oleh Kabag TU selaku PPK Sekretariat, H. Irwan, diikuti PPSPM, BP, BPP, PPABP, diikuti oleh Staf Pengelola Keuangan . [*]

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's