PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

TP PKK Tanah Datar Bersama OPD Intensifkan Persiapan, Jadikan Nagari Gurun Percontohan

TANAHDATAR, TANAMONEWS - SUMBAR | Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Tanah Datar intensifkan persiapan seperti rapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Pemerintahan Nagari Gurun, TP PKK Kecamatan dan Nagari, pada  Jum'at 23 April 2021 di ruangan pertemuan kantor wali nagari setempat.

Persiapan Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dijadikan sebagai nagari percontohan 10 Program Pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di tingkat Provinsi Sumatera Barat semakin intensif disiapkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Nofenril saat membuka rapat menyampaikan tahun 2021 ini sekitar bulan Mei dan Juni akan ada penilaian lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Berdasarkan hasil rapat pengurus TP PKK Kabupaten Tanah Datar beserta seluruh Ketua TP PKK kecamatan tanggal 20 April yang lalu, telah disepakati bahwasanya yang mewakili Kabupaten Tanah Datar pada lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat adalah Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab," ucapnya.

Dikatakan Nofenril ketika rapat tanggal 20 April yang lalu dan dihadiri seluruh OPD yang terkait dan menyatakan siap memberikan kontribusi, berpartisipasi demi suksesnya lomba gerakan PKK tingkar Sumbar ini.

"Dalam lomba ini yang perlu kita sikapi adalah tertib administrasi, baik Kesekretariatan, Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV, namun tahun ini terjadi pergeseran seperti lokasi jika pada tahun-tahun sebelumnya tersebar di beberapa nagari, namun pada tahun 2021 ini dipusatkan di satu nagari dan satu kecamatan," ujarnya.

Nofenril minta adanya kolaborasi antara kabupaten, kecamatan dan nagari sehinga tidak terjadi perbedaan data.

Camat Sungai Tarab Afrizal mengatakan untuk mensukseskan penilaian ini sudah melibatkan Forkopimca dan Organisasi yang ada dikecamatan, untuk secepat mulai melakukan tugas pembinaan kepada nagari.

"Saat ini di Nagari Gurun juga sudah dilakukan sosialisasi dengan masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada di nagari bahkan panitia kerja juga sudah dibentuk," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas dukungan semua pihak termasuk seluruh OPD yang terkait terhadap lomba gerak PKK tingkat provinsi tersebut.

"Saat ini masih banyak keterbatasan dan perlu persiapan  yang matang sementara waktu penilaian semakin dekat dan ini harus kita hadapi demi kebaikan dan mendapatkan hasil yang maksimal bagi daerah kita Tanah Datar," ucapnya.

Ny. Lise berharap dengan adanya lomba ini dapat berpengaruh besar bagi kesejahteraan masyarakat, upaya pemenuhan gizi, mencegah stunting, pernikahan usia remaja maupun pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Sekretaris Daerah yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen minta OPD untuk fokus melalukan pembinaan.

Terkait rencana MoU dengan OPD, Suhermen mengatakan lebih cenderung kepada pernyataan bersama atau komitmen atau dukungan terhadap lomba.

"Dengan adanya komitmen berarti sudah ada tekat dan semangat bersama membina dan menyiapkan kegiatan lomba ini dengan baik," ujarnya.

Mengingat waktu penilaian semakin dekat Suhermen minta prioritaskan apa yang akan dijadikan unggulan dalam kriteria penilaian nanti.

Usai rapat kerja dengan OPD ini kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan dan diskusi per pokja. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza