PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Rakernas APPSI 2019 di Sumbar

PADANG - Selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat (20-22/2/2019), Provinsi Sumatera Barat akan bertindak selaku tuan rumah kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) 2019. 


Tanamonews.com | Dalam kesempatan jumpa pers di Istana Gubernur Sumbar, Jl Sudirman No. 51 Padang, Senin (18/2/2019) sore, Gubernur Irwan Prayitno, memaparkan, Rakernas APPSI kali ini mengangkat tema 'Reformasi Kebijakan dan Strategi untuk Mendukung Pengembangan Produk Unggulan dan Kerjasama Antar Daerah'. 

Dijelaskan Irwan bahwa Rakernas APPSI ini tiap tahun diadakan dengan tema berbeda serta provinsi di Indonesia secara bergantian menjadi tuan rumah. "Kali ini giliran kita, Sumbar, menjadi tuan rumah," kata Irwan. 

Lebih lanjut Irwan mengungkapkan bahwa Rakernas APPSI nantinya berkemungkinan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Namun kepastian ihwal kehadiran presiden masih menantikan konfirmasi lanjut dari pihak Istana Negara. 

Irwan sendiri berharap, presiden menyempatkan hadir di Rakernas APPSI yang akan dilaksanakan di Hotel Grand Inna, Padang. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu menurut Irwan dengan sendirinya akan membuat semua kepala daerah tingkat provinsi akan hadir. 

"Kalau Presiden hadir, semua gubernur akan hadir," imbuhnya. 

Rakernas nanti, APPSI sedianya akan menghadirkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman sebagai pembicara dengan topik mengenai arah kebijakan pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan produk unggulan daerah dalam meningkatkan ekspor dan menurunkan impor. 

Kemudian dilanjutkan perbincangan dengan Gubernur Sumbar dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, mengangkat tema mengenai peluang dan kendala dalam pengembangan produk unggulan dan kerjasama ekonomi antar daerah.

Menjadi tuan rumah acara besar seperti Rakernas APPSI ini, menurut Irwan akan memberi banyak dampak positif bagi Sumbar. Selain kepercayaan dari APPSI, Sumbar punya kesempatan kembali mempromosikan seni budaya, wisata, kuliner dan lain-lain.

Kepala daerah yang hadir, lanjut Irwan, rata-rata akan membawa rombongan dalam jumlah yang banyak. Apalagi sehari setelah Rakernas selesai, langsung memasuki libur akhir pekan. Jadinya peserta bisa menyempatkan waktu berwisata dan berbelanja di Sumatera Barat. "Dampak ekonomi pasti akan dirasakan masyarakat," ujar Irwan. 

Sejauh ini, baru 20 gubernur yang sudah mengonfirmasi kehadiran di Rakernas APPSI. Lima gubernur akan diwakili oleh wakil gubernurnya dan enam gubernur diwakili asisten pemerintahannya. Andai Presiden Jokowi bersedia hadir, Irwan yakin semua gubernur akan mengusahakan ikut hadir di rakernas APPSI ini.

Selain berdikusi dengan para menteri dan gubernur, rangkaian Rakernas APPSI ini juga akan melangsungkan serah terima jabatan Ketua APPSI dari mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. 

Pakde Karwo harus meletakkan jabatannya sebagai ketua APPSI karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Timur telah berakhir. Longki sebelumnya menjabat sebagai wakil ketua APPSI otomatis akan menjabat sebagai ketua sampai adanya pemilihan ketua yang baru pada akhir 2019 ini. (idi)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza