PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tuti Andayani, Danramil Wanita Pertama

"Kapten Caj (K) Tuti Andayani, Danramil Wanita pertama di jajaran Korem 032/Wirabraja."

Padang - Meski tidak banyak, tapi  sudah ada di beberapa Kodam yang Danramilnya diisi oleh Kowad, bahkan ada yang jadi Dandim. Ini bukan karena Kowad diperlakukan khusus, melainkan karena sesuai dengan semboyannya bahwa “Kowad bukanlah mawar penghias taman tapi kami adalah melati pagar bangsa”. Kowad bukanlah hanya pelengkap organisasi tapi justru penjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa yang bisa mengharumkan Indonesia,”

Beranjak dari semboyan itulah maka di jajaran Korem 032/Wirabraja Kodam I/Bukit Barisan mengukir sejarah baru untuk pertama kalinya menempatkan seorang personel  dari Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad), terpilih sebagai  Komandan Komando Rayon Militer (Danramil). 


Tanamonews.com | Kapten Caj (K) Tuti Andayani adalah sosok dari personel tersebut, Danramil 03/Pulau Punjung Kodim 0310/SSD yang merupakan Kowad pertama yang diberi kepercayaan untuk menduduki suatu jabatan yang selama ini hanya dipegang oleh prajurit pria dan  pada umumnya berkorps tempur.Suatu kebetulan pula beliau adalah putra asli daerah Pulau Punjung.

Baginya dunia teritorial adalah hal baru yang harus ditekuninya. Wanita yang memulai karir militernya dari SECABA MILSUK tahun 1988 setelah lulus langsung ditempatkan sebagai Ba Dispullahtad Disinfolahta TNI AD dan berkarir disana sampai dengan  tahun 1999. Kemudian pada tahun itu juga ada kesempatan untuk mengikuti pendidikan SECAPA AD yang selesai ditempuh pada tahun 2000. 

Setelah selesai pendidikan dipindahtugaskan ke Kodam I/Bukit Barisan tepatnya di Korem 032/Wirabraja sampai tahun 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Kasetum Rem 032/Wbr. Sejak bertugas di Korem 032/ Wbr inilah, bakatnya mulai diperhatikan pimpinan dan selanjutnya menjadi Wanita pertama yang menjadi Danramil di jajaran Korem 032/Wirabraja.

Perasaan terharu dan bangga menyelimuti ibu dari 4 orang anak yang semuanya sudah beranjak dewasa ini pada saat pertama kali mendapat  amanah, karena jabatan Danramil wanita ini baru yang pertama kali ada dijajaran Korem 032/Wirabraja, apalagi jabatan yang diembannya ini tepat ditempat darimana beliau berasal,yang mana dia berharap nantinya bisa menjadi contoh serta semangat untuk memberi kesempatan kepada Kowad lainnya yang memiliki kriteria keterampilan dibidang teritorial di jajaran Korem 032/Wbr.

Wanita murah senyum dan ramah kelahiran Sijunjung Sumatra Barat 51 tahun lalu ini, dalam menjalankan tugas kesehariannya dikenal sangat dekat serta memperlakukan anggotanya yang sebagian besar adalah prajurit pria dan PNS secara dewasa dan bersifat kekeluargaan. 

Dengan kepemimpinan yang diterapkannya itu, sampai saat ini belum ada kendala dan hambatan yang ditemuinya dalam melaksanakan tugas sehari hari sebagai Danramil 03/Pulau Punjung. 

Selama menjabat sebagai Danramil 03/Pulau Punjung, program-program yang dilaksanakan pada dasarnya mengikuti program dan kebijakan yang ada dari komando atas. Sebagai aparat teritorial tentu dalam melaksanakan tugas harus dekat dengan rakyat diwilayahnya. 

Dengan Motto yang selalu  dipegangnya  “Berbuat Yang Terbaik,Bersyukur, Ikhlas dan Berfikir Positif”, Kapten Caj (K) Tuti Andayani beserta anggotanya selalu melakukan kunjungan/silaturahmi, peduli dan peka dengan masyarakat sekitar wilayah yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, serta selalu menekankan penerapan  lima kemampuan teritorial terhadap anggotanya dilapangan seperti temu cepat dan lapor cepat, manajerial teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat dan komunikasi sosial. 

Dengan lima kemampuan tersebut sebagai aparat teritorial diharapkan dapat melakukan tindakan preventif terhadap berbagai permasalahan yang ada di masyarakat dengan tetap melakukan koordinasi, baik terhadap kepolisian maupun pemda setempat untuk saling bertukar informasi dalam penanganan wilayah.


Ada satu program  dari Kapten Caj (K) Tuti Andayani yang saat ini tengah dijalankannya  untuk  membangun daerah kelahirannya ini yaitu membina generasi muda diwilayah tanggung jawabnya yang berminat ingin masuk TNI  dengan memberikan pendampingan pelatihan dimulai dari fisik,mental ideologi,psikologi sampai dengan pemeriksaan kesehatannya yang mana mereka dicek langsung oleh PPAD di RST. 

Uniknya program dari Danramil Wanita ini adalah dengan melibatkan para babinsanya yang sedang melaksanakan tugas piket di Koramil secara bergantian sebagai tenaga pelatihnya.Dengan demikian secara tidak langsung beliau juga membina fisik anggotanya agar selalu terjaga dan bisa tampil prima dalam setiap kegiatan yang dihadapinya. 

Kapten Caj (K) Tuti Andayani menyampaikan bahwa Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), apabila diberi kesempatan yang sama dengan prajurit pria tentunya akan mampu berbuat dan melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik untuk bersama sama membela negara dan bangsa untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
Harapannya kepada anggota Kowad yang ada agar selalu meningkatkan kualitas diri, ikhlas selalu dalam melaksanakan tugas dan selalu menjaga soliditas sesama prajurit Kowad. (Intan)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza