PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Apresiasi dan motivasi untuk Disdukcapil


Tanamonews.com l Sudah 3 tahun secara konsisten DPPKBKPS Prov. Sumbar melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Disdukcapil Kabupaten/Kota terbaik, di dasari dengan indikator-indikator yang jelas, mekanisme penilaian yang jelas dan formulasi skoring yang jelas, yang penilaiannya dilakukan oleh tim independen dari Perguruan Tinggi dan Dewan Riset Daerah yang mempunyai kompetensi relevan dengan bidang tata pemerintahan dan pelayanan publik.

Tahun 2017 indikator yang dinilai adalah kualitas sarana prasarana pelayanan dan capaian kinerja tahunan, dimana Disdukcapil Kota Padang Panjang berhasil meraih predikat terbaik. 

Tahun 2018 indikatornya adalah kreasi inovasi yang relevan dengan pencapaian target kinerja, progres capaian kinerja setahun dan peningkatan sarana prasarana dibandingkan tahun lalu, dimana Disdukcapil Kab. Padang Pariaman dan Kota Sawahlunto berhasil menjadi yang terbaik. Tahun 2019 ini.

Dengan indikator kompetensi SDM pengolah data, pelayanan dan tata usaha, tambahan kreasi inovasi, tambahan sarana prasarana dan progres capaian kinerja tahunan, kembali Padang Pariaman dan Sawahlunto meraih predikat terbaik.

Beberapa resume yang bisa ditarik dari 3 tahun pelaksanaan ini adalah; 5 kewenangan Provinsi sebagaimana tercantum dalam pasal 6 UU 24/2013 itu ternyata tanpa disadari langsung teraktualisasikan dalam tahapan penilaian berupa interaksi substantif dengan Kabupaten/ Kota.

Pada umumnya terjadi reaksi perbaikan-positif dari segala sisi oleh hampir semua Kabupaten/Kota dengan konsep adopsi-tiru-modifikasi dalam rangka mengejar hal-hal yang belum tercapai.

Imej dan brand disdukcapil sebagai satu diantara segelintir wajah pelayanan publik Pemerintah Daerah mulai dipahami oleh masyarakat, mulai ditoleh oleh OPD lain dan mulai mendapatkan atensi dari Kepala Daerah masing-masing.

Dalam pelaksanaan kewenangan, tugas dan fungsi, ternyata tidak melulu terkait upaya dan kawalan evaluasi pencapaian target. 

Diperlukan juga kreasi apresiasi yang bisa membangkitkan motivasi untuk performa lebih baik, untuk semangat melayani masyarakat lebih baik, dan untuk peningkatan profesionalitas dan kompetensi pejabat dan seluruh jajaran Disdukcapil yang lebih baik.


#Disdukcapil

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza