PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Antisipasi Wabah Covid-19, Kecamatan Situjuah Limo Nagari Gelar Tes Swab

Limapuluhkota - Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota melakukan tes swab secara mandiri di daerah itu guna memastikan wilayah bebas dari Covid-19 atau dinyatakan zona hijau.


Tanamonews l Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Drs. Rahmad Hidayat,  M. Si  mengatakan agar dapat dinyatakan zona hijau, untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari minimal 90  sampel yang harus di tes swab.

"Saat ini bagi kita di Situjuah sudah melewati target tersebut. Tinggal saat ini kita menunggu hasilnya," katanya didampingi Kepala Puskesmas Situjuah Ns.Masril, S.Kep di kantor camat setempat.

Ia mengatakan, tes swab tersebut merupakan program dari dinas kesehatan, dan untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari jadwalnya bergabung dengan Kec Akabiluru beberapa hari yang lalu.

Namun, kata dia karena tidak sampai kuota 90, maka tim gugus kecamatan meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kita untuk melakukan swab secara mandiri di Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan mereka menyanggupi. 

"Setelah adanya kesediaan Dinkes mendatangkan tim medis berserta perlengkapannya, maka kita undang pihak-pihak yang akan di tes swab," katanya.

Menurutnya yang diundang untuk tes swab itu diantaranya perangkat Desa/Nagari, Linmas, Wali Nagari, Ketua lembaga, Pendamping Sosial PKH, Kader Yandu, dan pendamping desa.

Selain itu juga penyelenggara pemilu, berupa PPK dan PPS serta pengawas pemilihan Panwascam hingga PPL.

Rahmad menilai para pemangku kepentingan tersebut intensitasnya bersentuhan dengan masyarakat sangat lah tinggi. 

Apalagi bagi penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, yang mana tidak berapa lama lagi kegiatannya di masyarakat sangat padat.

Ia menambahkan, kegiatan tes swab tersebut untuk memastikan wilayah/daerah bebas dari covid-19 atau menuju zona hijau.

"Untuk memastikan perlu dilakukan tes swab dan tidak bisa dengan perkiraan saja," pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota Amfreizer mengatakan, pihaknya mengapresiasi serta ucapan terima kasih atas langkah cepat Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang telah berinisiatif memfasilitasi tes swab bagi penyelengara pemilu.

"Selain itu juga ucapan terima kasih kepada dinas kesehatan yang telah memfasilitasi tes swab ini," kata komisioner bidang hukum dan pengawasan itu.

Kegiatan tersebut, katanya
sebagai upaya untuk memastikan penyelenggara pemilu bebas dari Covid-19 atau virus corona dan berharap semua hasil tesnya negatif.

"Pihak KPU juga menganjurkan adanya tes swab tersebut. Sebelum diminta, kawan-kawan sudah terlebih dahulu telah melakukannya. Ini tentunya berkat adanta kerja sama yang baik antara PPK dan PPS dengan camat serta instansi terkait di wilayahnya masing-masing," tambahnya. (Jhen).

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza