• Breaking News

    BKKBN Sumbar Mengadakan Lomba Genre Remaja 2017

    PADANG(SUMBAR),TN - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat  menggelar lomba Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Genre) tingkat Provinsi  tahun 2017.

    “Pemilihan duta mahasiswa ini diharapkan menjadi  figur atau contoh bagi  para remaja lainnya agar  menjadi  generasi berencana (Genre) dan terhindar dari Triad KRR atau  tiga  yang menyangkut Kesehatan Reproduksi Remaja yakni  seks menyimpang, dan mencoba-coba Narkoba  dan menikah diusia  remaja,” kata  Kepala BKKBN Sumbar yang diwakili oleh Muzhardi bidang ketahanan remaja usai membuka lomba Genre 2017 di hotel Bumi Minang  Rabu (19/4).

    Selain itu para remaja diharapkan mampu menunda usia perkawinanya di usia muda, dengan mempersiapkan segalanya atau dengan  merencanakan perkawinan dengan matang.
    Melalui program Genre  para remaja mendapatkan pengetahuan tentang berkeluarga sehingga nantinya bisa merencanakan kapan memiliki anak, mengatur jarak kelahiran serta berapa jumlah anak yang ideal.

    Muzhardi,”  menjelaskan melalui lomba duta mahasiswa Genre   pesan yang ingin disampaikan  kepada para remaja  adalah bagaimana menghindari  penyimpangan seks, Narkoba  dan tertular HIV/AIDS.  Menjadikan genarasi muda yang bersih  memiliki masa depan terencana.

    “Tapi sebaliknya jika generasi kita  terjeurmus  dalam pergaulan bebas, Narkoba  dan HIV AIDS maka  kehidupannya akan hancur, karena generasi muda adalah harapan bangsa, mari kita selamatkan generasi kita dari kehancuran,” katanya.

    Menurutnya untuk merespon permasalahan yang dihadapi remaja pemerintah melalui BKKBN melakukan  berbagai pendekatan, salah satunya dengan program Genre yakni pendekatan kepada para remaja sendiri dan pendekatan kepada keluarga.

    Pendekatan kepada remaja  contohnya melalui lomba Duta Mahasiswa Genre, pengembangan Pusat Informasi dan konseling (PIK) remaja dan mahasiswa sebagai wadah sesama remaja  mengungkapkan persoalan yang dihadapinya.

    Sedangkan pendekatan kepada keluarga melalui pengembangan Kelompok Bina keluarga (BKR) yang dapat membantu orang tua untuk memahami remaja dengan cara berkomunikasi.

    Biasanya remaja lebih terbuka   lebih terbuka menyampaikan persoalannya kepada teman sebayanya ketimbang kepada para orang tua.

    Untuk itu BKKBN  Sumbar setiap tahunnya memberikan pelatihan dan keterampilan kepada para anggota PIK  untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya mengenai remaja.

    Terkait  lomba Duta Mahasiswa Genre  yang digelar tingkat Provinsi  sumbar yang diiukutdan I oleh 2 pasang pria dan wanita ututsan dari 19 kota kabupaten se-sumbar.

    Selama tiga hari 19 april hingga 21 april 2017, mereka di beri penyuluhan agama, adat istiadat dan kesehatan oleh para narasumber dari akademisi dan praktisi hukum,” ujar Muzhardi

    Bagi pemenang lomba ini akan diikutsertakan pada lomba serupa untuk tingkat nasional di Jakarta,” katanya.

    #IA-01/Fals

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi