LLDIKTI Wilayah X Perkuat Kemitraan Pers - Tanamonews.com
  • Breaking News

    LLDIKTI Wilayah X Perkuat Kemitraan Pers


    Tanamo News | Sadar akan peran tugas yang semakin berat, Pimpinan LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi unsur pimpinan dan staf. Hal ini penting karena peran yang sudah semakin berat termasuk cakupan tugas. Tak tanggung-tanggung, sejumlah narasumber profesional dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

    “Kami menyadari betul bahwa peran LLDIKTI semakin strategis. Jika selama ini kita kenal dengan Kopertis, maka sekarang masyarakat akan mengenal LLDIKTI. Bagaimana tugas ke depan? Ini yang terus kita tingkatkan. Informasi dari LLDIKTI harus dipahami oleh masyarakat secara cepat,” ujar Yandri. A, SH, MH sekretaris LLDIKTI Wilayah X.

    Lebih lanjut disebutkan, dengan semakin maksimalnya kemampuan jurnalistik ASN ke depan kita bisa meningkatkan kerja sama dan hubungan yang lebih harmonis dengan kalangan media di wilayah ini. Kerja sama dengan media sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan keberadaan perguruan tinggi khususya swasta. Total saja yang diawasi ada 253 perguruan tinggi.

    Sejumlah narasumber dalam kegiatan antara lain pakar komunikasi Emeraldy Chatra dan praktisi pers Sukri Umar menyebutkan, membuat rilis oleh lembaga pemerintahan bukanlah hal yang sulit. Tetapi perlu latihan dan menyiapkan manajemen yang jelas dan terukur. Apalagi LLDIKTI X sudah punya cikal bakal media internal yang dapat dijadikan ajang latihan.

    “Hanya tinggal memolesnya untuk lebih profesional dan menarik bagi publik. Caranya, asah terus kemampuan dan jangan cepat puas. Karja jurnalis itu dibaca publik, bukan konsumsi pribadi. Jadi standar ukurannya bagaimana publik terpuaskan dari informasi yang diberikan,” ujar Sukri.

    Sebelumnya Benny Okva dan Ikhwan Wahyudi menekankan tentang dasar dasar jurnalistik bagi peserta yang berjumlah 30 orang. Menurut dua jurnalis muda ini, konsep 5 W 1 H sangat penting diperhatikan dalam karya jurnalistik. Meski demikian konsep perencanaan dalam sebuah pemberitaan jauh lebih penting dalam sebuah proses jurnalistik. Sebab perencanaan akan menentukan keberhasil tugas-tugas jurnalis di lapangan. 


    *IDI/SU
    #LLDIKTI Wilayah X

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimpinan Umum/Direktur: Indra Afriadi | Penanggung Jawab