Pentingnya BPK Memeriksa Revaluasi Aset Negara - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Pentingnya BPK Memeriksa Revaluasi Aset Negara


    Tanamo News | Penilaian kembali (revaluasi) Barang Milik Negara (BMN) dilaksanakan untuk mewujudkan penyajian nilai BMN pada Laporan Keuangan Pemerintah yang akuntabel sesuai dengan nilai wajarnya, serta dalam rangka mewujudkan pengelolaan BMN yang berhasil guna. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2017 tentang Penilaian Kembali Barang Milik Negara.

    Pemerintah Pusat melaksanakan Penilaian Kembali atas Barang Milik Negara meliputi kegiatan penyediaan data awal, inventarisasi, penilaian, tindak lanjut hasil inventarisasi dan penilaian, serta monitoring dan evaluasi. Penilaian Kembali Barang Milik Negara berupa Aset Tetap sebagaimana dilakukan terhadap tanah, gedung dan bangunan, jalan, irigasi, dan jaringan.

    Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar mengapresiasi langkah pemerintah untuk menghitung kembali nilai aset tetap negara setelah sepuluh tahun karena hal ini merupakan amanat Peraturan Presiden nomor 75 tahun 2017 tentang Penilaian Kembali Barang Milik Negara dan Daerah.

    Penilaian kembali BMN ini merupakan dasar bagi BPK untuk melaksanakan pemeriksaan atas penilaian aset negara yang akuntabel. Pemeriksaan atasan Penilaian Kembali BMN bertujuan untuk menilai dan memberi kesimpulan atas kesesuaian inventarisasi dan penilaian kembali BMN dengan ketentuan perundang-undangan. Pemeriksaan atas Penilaian Kembali BMN dilaksanakan pada Semester II tahun 2018.

    Melalui tugas BPK dalam upaya mengawal harta negara melalui fungsi pemeriksaanya, BPK mendorong pengelolaan BMN/D yang profesional, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atas pengelolaan keuangan negara yang akuntabel.

    Sumber: www.bpk.go.id, www.republika.co.id 
    Sumber Foto: Peserta Lomba Foto BPK

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimpinan Umum/Direktur: Indra Afriadi | Penanggung Jawab