PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Sensus Ekonomi Sumatera Barat


Tanamonews.comHasil pendaftaran menunjukkan bahwa distribusi tenaga kerja menurut kategori lapangan usaha, sejalan dengan jumlah usaha/perusahaan didominasi oleh lapangan usaha perdagangan besar dan eceran sebanyak 422,0 ribu orang atau 33,78 persen daritenaga kerja yang ada di Sumatera Barat. Kemudian diikuti oleh lapangan usaha industri pengolahan sebesar 14,95 persen atau sebanyak 186,7 ribu tenaga kerja, penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum sebesar 14,65 persen (183,0 ribu orang) dan selebihnya sebesar 36,62 persen merupakan lapangan usaha lainnya. Secara rinci dapat dilihat pada Gambar 4 dan Tabel 4.

Jika dibedakanmenurutskala usahaUMK danUMB, kategori Kmemiliki kondisi yang berbeda
dengan kategori lainnya. Tenaga kerja yang bekerja di aktivitas keuangan dan Asuransi (K) lebih banyak pada UMB. Sebaliknya kategori lainnnya penyerapan tenaga kerja didominasi oleh UMK dibanding UMB.

PROVINSI SUMATERA BARAT

Dalam rangka Sensus Ekonomi 2016, pada bulan Mei –Juni 2016 telah dilakukankegiatan pendaftaran usaha/perusahaan seluruh lapangan usaha, tidak termasuk lapangan usaha 
pertanian. 

Jumlah Usaha/Perusahaan

Berdasarkan hasil pendataan Usaha Mikro Kecil (UMK) & Usaha Menengah Besar (UMB) di Indonesia berjumlah 26 422 256 yang tersebar kedalam 13 kategori usaha yaitu B-D-E, C, F, G, H, I, J, K, L, M-N, P, Q, R-S. Tiga provinsi di pulau Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur masih mendominasi jumlah usaha dengan andil sebesar 50 persen dari seluruh total usaha yang ada di Indonesia.

Jumlah Tenaga Kerja

Hasil pendataan usaha/perusahaan baik untuk kategori Usaha Mikro Kecil (UMK) & Usaha Menengah Besar (UMB) menunjukkan bahwa jumlah tenaga kerja di Indonesia berjumlah 78 673 286 yang sebagian besar masih terkonsentrasi di provinsi besar di pulau Jawa yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur khususnya untuk sektor usaha perdagangan dan industri.

Balas Jasa dan Upah Pekerja

Balas jasa/upah pekerja menunjukan besarnya nilai yang dikeluarkan perusahaan sebagai imbal balik dari hasil usaha yang telah dihasilkan oleh pekerja. Balas jasa/upah yang dikeluarkan di Indonesia berjumlah 1 369 332 232 214 820 rupiah. Secara nasional, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan total balas jasa terbesar yaitu sebesar 22 persen dari total nilai balas jasa usaha yang di data pada kegiatan SE2016 ini.


Tag/Hyprlink : Pempro Sumbar, BPS

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza