BPJS TK Padang Bentuk “PERISAI” IKW RI - Tanamonews.com
  • Breaking News

    BPJS TK Padang Bentuk “PERISAI” IKW RI

    Padang - BPJS Ketenagakerjaan rangkul Ikatan Keluarga Wartawan sebagai agen, Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai), Rabu, (28/3/2019). Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka langsung Kepala Cabang BPJS Padang Yulisman Lubis, diikuti jajaran pengurus dan puluhan anggota IKW di salah satu hotel di kota Padang.


    Tanamonews.com | Melalui sistem keagenan Perisai, BPJS Ketenagakerjaan berupaya untuk memperluas cakupan kepesertaan dan pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam hal ini, Perisai juga didukung oleh sistem perbankan untuk memastikan transaksi keuangan berjalan dengan baik. 

    Kepala BPJS Cabang Padang, Yuniman Lubis mengatakan program sosial, Ikatan Keluarga Wartawan Sumatera Barat sejalan dengan program kerja yang dijalankan dengan BPJS Ketenagakerjaan, Dasar hukum BPJS Ketenagakerjaan tertuang dalam UU No. 40 tahun 2004. 

    Ia menjelaskan, pada dasarnya sesuai dengan Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, bahwa seluruh pekerja berhak mendapatkan perlindungan sosial dan pada dasarnya pemberi kerja berkewajiban memberikan perlindungan kepada pekerjanya.

    Disampaikannya, wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Padang meliputi kota Padang, Pariaman, kab. Padang pariaman dan kepulauan Mentawai. Dari 4 wilayah tersebut, tercatat ada sebanyak 779 ribu orang yang bekerja pada perusahaan, sedangkan yang terdaftar hanya 314 ribu orang. Artinya, baru sekitar 40 persen yang memiliki jaminan ketenaga kerjaan, jelasnya.

    Persentase pekerja yang terlindungi dan terdaftar aktif di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) Sumatera Barat masih rendah. Capaiannya baru diangka 22,85 persen, hingga akhir tahun 2018. Sementara potensi pekerja di perusahaan kecil dan mikro masih cukup besar. 

    Yuniman juga menyebutkan, salah satu hal yang mempengaruhi rendahnya capaian pekerja yang ikut BPJS Ketenagakerjaan adalah masih ada di tengah masyarakat yang belum merasakan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai sebuah kebutuhan.

    Untuk itu, dalam rangka memberikan kesadaran kepada masyarakat ataupun perusahaan, maka BPJS melakukan kerjasama dengan Ikatan Keluarga Wartawan Sumbar. Seperti kegiatan sosialisasi bersama IKW saat ini, diharapkan bisa menjadi corong untuk menyampaikan manfaat dan pentingnya jaminan ketenaga kerjaan kepada publik, ucap Yulisman yang akrab disapa “Pak Ucok”.

    Lebih jauh Ucok menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan Padang, terdapat enam buah program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Program Jaminan Hari Tua (JHT), Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Bukan Penerima Upah (BPU), Jasa Konstruksi dan Program Jaminan Pensiun.

    Dari penjelasan di atas, sangat jelas bahwa BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk dimiliki para pekerja karena hal ini akan meringankan beban Anda ketika menghadapi risiko terkait pekerjaan yang kerap kali terjadi di luar kendali Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dan merasa rugi ketika memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan, pastikan kalau Anda sudah didaftarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

    Hal ini, disambut baik oleh ketua IKW. Ketua IKW Hendrizon Jeck. Jeck mengatakan, Keluarga besar IKW siap membantu BPJS Ketenaga Kerjaan dalam mensosialisasikan Program-program BPJS Ketenaga Kerjaan. Karena, Antara program BPJS dengan visi misi IKW memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan jaminan sosial kepada anggotanya.

    IKW berdiri sejak 20 Oktober 2016 yang lahir dari hati ke hati ketika salah seorang rekan wartawan meninggal dunia, kemudian diinisiasi membentuk organisasi sosial. Oleh karena itu sejalan dengan tujuan berdirinya IKW, maka secara organisasi IKW mendukung program jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan.

    Ditambahkan Pembina IKW Tafrizal, Apalagi dalam menjalankan tugas dan profesi  sebagai seorang wartawan memiliki tantangan dan resiko yang tinggi. Mengingat hal itu, maka Keluarga IKW kita sarankan untuk ikut bergabung menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan, sehingga kemungkinan terjadinya resiko dapat diminimalisir.

    Selanjutnya, Pembina IKW, Tafrizal dalam sambutannya menambahkan, dunia kewartawanan yang begitu banyak tantangan di lapangan memang membutuhkan jaminan terhadap diri ketika melakukan tugasnya di lapangan. Untuk itu kita menyerukan agar seluruh anggota IKW yang umumnya merupakan pemilik media online dan cetak ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan," harapnya.

    Kabid Pemasaran, Andi, menambahkan selain manfaat-manfaat di atas, ada juga manfaat berupa bantuan pinjaman uang muka ketika membeli rumah, beasiswa pendidikan untuk anak pekerja atau karyawan yang tidak mampu, berbagai pelatihan untuk menurunkan risiko pada kecelakaan kerja, dan manfaat lainnya.

    "Pekerja tidak perlu risau dengan model pendaftaran melalui Perisai, karena format ini resmi dan tidak dibeda-bedakan, baik dari sisi pelayanan maupun akses terhadap informasi. Selain itu kami juga mengawasi dengan ketat, baik regulasi maupun aktifitas Perisai di lapangan," kata Andi juga mengajak masyarakat yang aktif di komunitas dan networking luas untuk menjadi Perisai. "Kami terbuka kepada masyarakat yang ingin bergabung menjadi bagian dari Perisai, cukup mendaftarkan diri melalui kantor Perisai yang menjadi mitra dari BPJS Ketenagakerjaan," lanjut dia.

    Anggota Perisai akan mendapatkan insentif yang menarik atas setiap akuisisi dan pembayaran iuran yang dilaksanakannya. Andi menyampaikan Perisai juga berpotensi untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Karena itu, BPJS Ketenagakerjaan akan terus meningkatkan kompetensi dari para agen Perisai ini. "Kami harap PERISAI dapat menjadi katalis utama untuk meningkatkan cakupan kepesertaan pekerja BPU dan UMKM. Namun kami juga akan terus  mengembangkan inovasi strategi lainnya sesuai segmen pekerjanya, agar seluruh pekerja dapat terlindungi," pungkas Pak Ucok. (Intan)

    No comments

    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner dan Pendiri : Indra Afriadi.