PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

DPRD Kota Padang Gelar Seminar dan Diskusi Panel di Bukit Tinggi

"Sinergikan Pelaksanaan RPJMD 2019-2024, DPRD Kota Padang Gelar Seminar dan Diskusi Panel"

Bukittinggi – Seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang mengikuti seminar dan diskusi panel dengan tema “Sinergisitas Antara Pemerintah Kota Padang dengan DPRD Kota Padang dalam Pelaksanaan RPJMD tahun 2019-2024”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bukittinggi dan dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul mewakili Walikota Padang.


Tanamonews.com | Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengatakan, DPRD merupakan salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang memiliki tugas dan fungsi pengawasan, penganggaran dan pembuatan Peraturan Daerah (Perda). Mengingat pelaksanaan RPJMD diawal kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru, sama halnya dengan anggota DPRD, maka diharapkan sinergisitas antara Pemko Padang dan DPRD.

“Kami sebagai anggota DPRD akan melaksanakan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan RPJMD tersebut. Tentu kami tidak terlepas dari trifungsi kami sebagai anggota dewan. Menjadi anggota dewan itu mudah, namun melaksanakan amanah yang diberikan rakyat itu yang susah. Semuanya tergantung dari niat kita masing-masing,” ujar Syafrial.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Padang Hendrizal Azhar mengatakan, DPRD berhak mengikuti pendalaman tugas seperti workshop, bimtek, dan seminar. Nara sumber dalam kegiatan ini adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Seperti dar Bappeda, akademisi Universitas Andalas, Muhammadiyah, IPDN Baso dan Kejaksaan.

Baca juga  Bersinergi Bersama BPJS, Pemko Bukittinggi Akan Bangun RSUD
“Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan fungsi dan tugas pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang,” kata Hendrizal.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul menyampaikan permintaan maaf Wali Kota Padang dan Wakil Wali Kota Padang yang tidak bisa hadir pada saat pembukaan kegiatan tersebut.

“Pak Wali dipanggil ke Jakarta oleh Kementerian. Pak Wawako pergi umroh, maka kami yang diminta hadir membuka acara ini,” jelas Sekdako Padang.

Menurutnya, untuk mewujudkan visi misi Kota Padang tentu dibutuhkan sinergitas semua pihak. Terutama Pemko Padang dengan DPRD Kota Padang. “RPJMD merupakan panduan kita dalam membangun kota ini untuk lima tahun ke depan. Seluruh upaya yang dilakukan oleh pelaku pembangunan adalah sinergisitas, koordinatif dan inovatif,” ujarnya.

Dijelaskannya, persoalan yang dihadapi Kota Padang saat ini masalah pendidikan. Saat ini jumlah siswa mencapai 90 ribu orang, sedangkan rungan kelas terbatas.

“Untuk itu, kita butuh Ruang Kelas Baru (RKB) agar rasio per kelas 28 orang SD dan 32 orang siswa SMP dapat terpenuhi sesuai standar nasional,” urainya.

Baca juga  Kampus UIN Imam Bonjol di Sungai Bangek Dorong Peningkatan Perekonomian Masyarakat
Selain itu, kata Amasrul, persoalan drainase dan banjir, rumah yang tak layak huni, pengangguran, pertanahan, transportasi dan persamaan juga menjadi persoalan tersendiri. “Karena keterbatasan dana APBD Kota Padang, tentu kita harus mampu menggait dana ABPD Provinsi Sumbar dan APBN guna mengatasi persoalan yang dihadapi tersebut,” katanya.

Dijelaskan Kasubag Humas, Protokoler dan Publikasi Sekretariat DPRD Kota Padang Elfauzi, materi pada kegiatan ini antara lain RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024 oleh Kepala Bappeda Padang. Materi lainnya tentang Prioritas Pembangunan RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024 oleh Feri Adrianus. Selanjutnya, materi Pembangunan Kota Padang Lima Tahun ke Depan oleh Plt. Kepala DPRKPP Padang Yeni Yuliza.

Materi lainnya tentang Peran dan Tanggungjawab DPRD Kota Padang terhadap RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024 oleh Wendra Yunaldi dari UMSB. Kemudian materi tentang Peningkatan Fungsi DPRD Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan oleh PPSDM Kemendagri Regional Baso dan materi Penyelenggaraan Pemerintahan yang Bersih oleh Kejari Padang. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza