PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Zalmadi Apresiasi Tradisi "Urak Balabek" Pauh IX Kuranji, Padang

Padang - Anggota DPRD Kota Padang, Zalmadi mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya acara tradisi “Urak Balabek” Alek Nagari Pauh IX Kuranji dalam rangka prosesi melewakan (mengukuhkan) gala (gelar) guru/tuo silek (silat) khususnya di daerah Kuranji.


Tanamonews.com | Kegiatan pagelaran adat yang dihelat selama Kamis-Sabtu (27-29/2) itu, diadakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang. Kegiatan ini didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta tuo-tuo silek di Pauh IX dan pihak terkait lainnya.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk melestarikan adat budaya kita,”sebut Zalmadi. Dalam acara ini hadir pula Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Z Latif beserta pengurus. Ketua Badan Musyawarah Nagari (BMPN) Pauh IX Muhammad Fikar Datuk Rajo Magek, Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Evi Yandri Rajo Budiman yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Selain itu juga hadir sejumlah anggota DPRD Kota Padang daerah pemilihan (dapil) Kuranji dan Pauh antara lain Mastilizal Aye, Yandri Hanafi, Musni Zen. Selanjutnya Kepala Disparbud Kota Padang Arfian serta pimpinan OPD terkait lainnya.

Seperti diketahui, kegiatan Urak Balabek ini merupakan tradisi anak nagari Pauh IX yang terdiri dari sembilan tapian. Guna memeriahkan acara itu, pada paginya ratusan pandeka (pendekar) silat Pauh IX, Kecamatan Kuranji telah dibawa keliling kampung dengan arak-arakan menaiki kendaraan bendi mengambil start di halaman kantor KAN Pauh V dan melewati sejumlah rute hingga finish di halaman Kantor KAN Pauh IX.

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza