Jelang Ke KPU, Betti Shadiq Dan Edytiawarman Ziarah Ke Makam Siti Hadjir - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Jelang Ke KPU, Betti Shadiq Dan Edytiawarman Ziarah Ke Makam Siti Hadjir

    Tanah Datar - Paslon (Pasangan Calon) Bupati  dan Wabup Tanah Datar Betti Shadiq Pasadigoe dan Edytiawarman  ziarah ke makam pahlawan Siti Hajir di Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, Minggu (30/08/2020), beberapa hari menjelang mendaftar ke KPU Tanah Datar.


    Tanamonews | “Siti Hadjir merupakan pahlawan wanita dari Lintau yang perlu kita hargai perjuangannya dalam ikut merebut kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Betti Shadiq Pasadigoe anggota DPR RI priode 2014-2019 didampingi Edytiawarman Mantan Sekretaris KPU Padang Panjang disela-sela kunjungan untuk ziarah ke makam pahlawan Siti Hajar.

    Ziarah ke makam Siti Hadjir itu selain untuk memberikan penghormatan khusus   kepada Siti Hadjir salah seorang pejuang perempuan yang menjadi pimpinan dalam penyerangan dan penghadangan tentara Belanda di Lintau juga untuk meneladani sosok pejuang itu.

    Betti Shadiq Pasadigoe menekankan, agar generasi mendatang senantiasa mengenang jasa para pahlawan.  Hal itu sebut Betti dapat  menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan semangat untuk berkontribusi nyata terhadap negeri, termasuk dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. 

    “Generasi muda harus meneladani Siti Hajir sosok pejuang perempuan asal Lintau Tanah Datar yang tidak gampang menyerah dalam melawan penjajah,” Kata calon bupati  Betti shadiq Pasadigoe didampingi wakil bupati Edytiawarman di Lintau.

    Siti Hadjir dengan segala keterbatasannya tanpa menyerah dalam memberikan perlawanan terhadap penjajah.  Begitu juga dengan generasi saat ini yang tumbuh ditengah era millenia tentu harus tetap meneladani sosok pejuang perempuan tersebut.

    Siti Hadjir seorang pemimpin dalam perlawanan masyarakat Lintau Buo kala itu.

    Siti Hadjir lahir di Talang, Lubuk Jantan Lintau pada tahun 1856. Ia merupakan seorang perempuan  pemberani dan memiliki kharisma yang tinggi di mata rakyat Tanah Datar.  Pada saat terjadi perlawanan terhadap kebijakan belasting di Lintau Buo.

    Beliau merupakan tokoh yang memiliki peranan penting dalam perlawanan, karena contoleur J. Baastians menemui ajalnya di tangan srikandi Lintau Buo ini.

    Tokoh kharismatik ini menemui ajalnya pada tahun 1916, dan  ia dimakamkan disekitar penjara yang ada di Padang. Tahun 1955 makan Siti Hajir dipindahkan ke Lintau, lokasi saat ini yang dijadikan objek wisata.

    Calon Bupati Betti Shadiq Pasadigoe dan wakil bupati Edytiawarman berziarah ke makam pejuang perempuan ini selain melakukan tabur bunga dan juga berdoa untuk Siti Hadjir sang pejuang perempuan pemberani  itu.

    “Generasi muda khususnya perempuan harus meneladani sosok Siti Hadjir yang kharismatik,” kata Betti Shadiq Pasadigoe.

    Seperti kita ketahui banyak perempuan Minang Kabau yang berada pada garda terdepan dalam melawan penjajah.

    Sebut saja seperti Siti Manggopoh  juga pejuang pemberani dari desa kecil di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam , Rohana Kudus pejuang perempuan dari nagari Koto Gadang Kabupaten Agam, Rahma El Yunusyyiah yang berasal dari keluarga yang agamis ayahnya seorang kadi di Pandai Sikek Tanah Datar, Rasuna Said yang berasal dari desa Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam .

    Banyaknya perempuan Minangkabau  yanng terjun lansung menjadi  pemimpin  berperang melawan penjajahan menjadi sebuah bukti konkret bahwa ranah minang merupakan daerah yang sebenarnya membuka ruang bagi perempuan untuk menjadi pemimpin tidak terkecuali Bupati. (7H3N)

    No comments

    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza