Ticker

6/recent/ticker-posts

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Canakkale 1915 Dibangun Turki Menghubungkan Asia dan Eropa

Turki - Dinamakan Jembatan Canakkale 1915 melintasi selat Dardanella yang menjadi pintu masuk dari Laut Mediterrania (Laut Tengah) ke Laut Pedalaman Turki Marmara dan ketika selesai menghubungkan Benua Asia dan Gallipoli di Eropa. 

Tanamonews | Jembatan Canakkale 1915 adalah jembatan gantung terpanjang di dunia sampai saat selesainya sepanjang 3.563 meter mengalahkan jembatann gantung terpanjang di dunia saat ini di Jepang Akashi Kaikyo dengan selisih hanya 32 meter. 

Juga dikenal sebagai Jembatan Dardanella, adalah jembatan gantung yang dibangun di Provinsi Çanakkale di barat laut Turki. Terletak tepat di selatan kota Lapseki dan Gelibolu , jembatan ini akan membentang di selat Dardanella, sekitar 10 km (6,2 mil) di selatan Laut Marmara.

Jembatan ini merupakan inti dari jalan raya Kınalı-Balıkesir sepanjang 321 km (199 mil) senilai US $ 2,8 miliar, yang akan menghubungkan jalan raya O-3 dan O-7 di East Thrace ke jalan raya O-5 di Anatolia.

Panjang total jembatan direncanakan 3.563 m (11.690 kaki) dan bersama-sama jembatan pendekatan panjangnya mencapai 4.608 m (15.118 kaki), yang akan melampaui total panjang Jembatan Gazi Osman dan jembatan pendekatannya sebesar 527 m (1.729 ft) menjadi jembatan terpanjang dari semua jenis di Turki.

Dengan bentang utama 2.023 m (6.637 kaki), jembatan ini akan melampaui Jembatan Akashi Kaikyō di Jepang sejauh 32 m (105 kaki) untuk menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia.

Selain itu jembatan gantgung ini akan ditopang dengan tiang yang tingginya 318 meter mengalahkan menara Eifel di Paris Perancis (300,65 meter atap) dan menjadi jembatan tertinggi didunia ke 4 (empat) mengalahkan jembatan Sutong di China.

Tinggi total dari dua menara jembatan itu adalah setinggi 318 m (1.043 kaki), menjadikannya jembatan tertinggi kedua di Turki, setelah Jembatan Yavuz Sultan Selim, dan bangunan tertinggi ketiga di negara itu. Secara internasional, jembatan ini akan menjadi jembatan tertinggi keempat di dunia, melampaui Jembatan Sutong di China.

Dek jembatan akan setinggi 72,8 m (239 kaki) dan memiliki lebar total 45,06 m (147,8 kaki) dan ketebalan maksimum 3,5 m (11 kaki). Dek akan membawa enam jalur (tiga di setiap arah) jalan raya, bersama dengan dua trotoar di setiap sisi untuk pemeliharaan.

Nama Canakkale 1915 diabadikan sebagai peringatan kemenangan Angkatan Laut Turki Utsmaniyyah dan Pertahanan Turki Utsmaniyyah dalam perang mempertahankan selat Dardanella sebagai pintu masuk menuju Istanbul menahan armada Inggris dan Perancis yang hendak menerobos benteng pertahanan Turki Utsmaniyyah yang dijaga dengan meriam raksasa, ranjau dan Kapal Battleship uap dan dilanjutkan dengan kekalahan Sekutu dalam pertempuran darat Gallipoli pada Perang Dunia 1 tahun 1915.

Beberapa tokoh simbolis dikaitkan dengan jembatan. Nama "1915" dan tanggal peletakan batu pertama "18 Maret" terkait dengan Kemenangan Angkatan Laut Turki pada tanggal 18 Maret 1915 selama operasi angkatan laut dalam Kampanye Gallipoli. Panjang bentang utama jembatan dengan "2.023" meter mengacu pada seratus tahun Republik Turki pada tahun 2023.

Dikerjakan dan di Desain sendiri oleh tenaga lokal Tekfen Holding sebagai Desainer dan gabungan kerjasama Turki-Korea Selatan.***

Posting Komentar

0 Komentar



Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com