Ticker

6/recent/ticker-posts

Awali 2021 Dispar Sumbar Surati Ratusan Lembaga/Instansi/Asosiasi untuk mengadakan MICE di Sumbar

 

Padang | Tanamonews.com - Walau bukan termasuk 5 Destinasi Super Prioritas (DSU), Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat tetap optimis Sumbar adalah destinasi potensial untuk diadakannya MICE (Meeting Incentive Convention dan Exhibtion) yang dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan dimana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu.

Total ada 356 Lembaga, Instansi dan Asosiasi, mulai dari Kementerian, Lembaga Negara, Asosiasi dan Organisasi Profesi seperti Medis dan Kedokteran, Pengacara, Konstruksi dan sebagainya di tingkat pusat yang disurati secara resmi dengan surat yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Sumatera Barat. 

Surat dimaksud berisikan ajakan dan permohonan untuk mengadakan kegiatan MICE di Sumatera Barat, lengkap dilampiri Calendar of Events yang tercantum semua kegiatan kepariwisataan 19 Kab/Kota di Sumbar, fasilitas penunjang seperti akomodasi, restoran dan souvenir yang dinilai memenuhi standar.

Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Barat ketika dihubungi menjelaskan bahwa ini adalah salah satu upaya untuk "jemput bola", mengingatkan target market, pasar potensial yang rutin mengadakan kegiatan MICE agar mempertimbangkan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi pilihan. 

Salah satu kriteria untuk bisa masuk sebagai salah satu DSU menurut Kemenpar adalah ketersediaan fasilitas akomodasi bintang lima yang memang belum dimiliki oleh Sumbar.

Namun walaupun tidak masuk kedalam DSU, kami yakin dengan seluruh potensi pariwisata yang dimiliki seperti keindahan alam dengan landscape yang sangat lengkap, tradisi dan budaya serta kuliner, Sumatera Barat akan tetap menjadi salah satu pilihan utama destinasi untuk penyelenggaraan kegiatan MICE. 

Kami juga sengaja melampirkan kalendar CoE Sumatera Barat agar Asosiasi atau Lembaga yang berminat menyelenggarakan kegiatan di Sumbar bisa meng'synkronkan waktu pelaksanaan untuk sekaligus menghadiri event-event yang diminati", jelas Novrial.

Keyakinan bahwa Sumbar adalah destinasi potensial didukung dengan beberapa maskapai penerbangan seperti Air Asia dan Citilink yang membuka rute baru dari dan ke Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau. 

Air Asia membuka rute penerbangan baru Padang - Jakarta pp total 10x dalam seminggu yang di launching 10 Desember 2020 lalu. Sedangkan Citilink membuka Rute direct Padang - Balikpapan - Menado pp dan Padang - Medan - Banda Aceh pp yang baru 13 Januari 2021 kemarin dilaunching serta menambah frekuensi penerbangan langsung Padang - Batam dari 7x menjadi 11x seminggu

Ketika ditanya bagaimana terkait kondisi Pandemi COVID19 di tahun 2021 ini, lebih lanjut Novrial menjelaskan apabila protokol kesehatan CHSE yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) diterapkan dengan ketat dan disiplin, diyakini resiko akan sangat minim. Terlebih lagi saat ini sudah serentak dimulai secara nasional penyuntikan vaksin Covid19.

"Sumatera Barat telah membuktikan dengan suksesnya penyelenggaraan MTQ Nasional ke-28 tanggal 12 s/d 21 November 2020 yang lalu dimana diprediksi melibatkan sekitar 10.000 pengunjung dari seluruh Indonesia datang ke Sumatera Barat untuk Event tersebut. 

Untuk itu kami menghimbau seluruh pelaku dan stakeholders kepariwisataan agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar para tamu dan wisatawan merasa yakin aman dan nyaman melaksanakan kegiatannya di Sumatera Barat. 

Kami bertekad agar Pariwisata bisa menjadi salah satu instrumen pemulihan ekonomi pasca Pandemi COVID19," tegas Novrial. (Ind-Ril).

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"





Welcome to Thank's