Ticker

6/recent/ticker-posts

Pj. Sekdakab Solsel Doni Rahmat Samulo : Generasi Penerus Harus Produktif


Tanamonews | Padang Aro, - Pj. Sekdakab Solsel Doni Rahmat Samulo harapkan generasi penerus bangsa bisa menjadi generasi yang produktif, inovatif, dan tidak menjadi generasi konsumtif.

Hal tersebut disampaikan ketika memberi sambutan pada kegiatan Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) yang diikuti oleh 30 orang dan 15 pasang peserta, di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati. Rabu (3/3/2021).

Doni mengatakan generasi penerus harus dapat berkembang menuju masa depan dengan melaksanakan tugas-tugas sesuai kewajiban dan norma, dan yang paling penting sebagai generasi muda bisa meneruskan masa depan.

Generasi muda harus bisa menjadi generasi remaja yang produktif, inovatif dan tidak konsumtif, jauh dari narkoba dan tentunya tidak menikah diusia dini.

"Jangan berfikir setelah lulus sekolah menikah muda, jangan dulu." tegasnya

Kemudian Lora Ayahanda Putri selaku Ketua Pelaksana kegiatan, mengatakan GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda (Mileneal).

"Dalam wadah ini mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra-nikah dan menjauhi narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza). Supaya menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa," kata Lora.

Kemudian, program GenRe juga bertujuan untuk penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mileneal mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi

Tidak kalah penting, imbuhnya, keberadaan duta GenRe sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja. 

"Persoalan yang paling menonjol adalah seputar seksualitas. Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran duta GenRe perlu terus digiatkan," ucapnya.

Menurutnya, dari 15 pasang peserta, dalam puncak pemilihan duta GenRe akan dimenangkan oleh satu pasang. Kemudian dilanjutkan mengikuti audisi di tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional. 

Pembukaan puncak pemilihan duta GenRe dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Fatmawati. Dia mengatakan BKKBN memiliki tagline baru untuk generasi muda, tagline itu adalah "Berencana itu Keren" (WSN-HRT)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's