PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Wagub Sumbar Audy Ajak BLK Padang Saling Bahu Membahu Kurangi Angka Pengangguran

 
Tanamonews | Padang, - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketanagakerjaan RI di Jl. Sungai Balang Bandar Buat Padang, Kamis (4/3/2021).

Kedatangan Wakil Gubernur Audy Joinaldy disambut baik oleh Kepala BLK Padang Syamsi Hari beserta jajarannya. 

Wakil Gubernur Audy menyampaikan maksud kunjungan ini dilakukan dalam rangka melihat Program Pelatihan Pra Kerja BLK Padang dan perencanaan kerjasama yang bisa disinergikan dengan Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Kami melihat langsung BLK Padang sangat luar biasa, yang sudah membentuk 45 program pembinaan pelatihan, yaitu bidang kompetensi instalasi listrik, dengan membuat pembangunan listrik sederhana, bahkan juga ada teknisi sistem kendali Motor listrik," sebut Audy.

Selain itu juga ada pelatihan program lainnya seperti, kejuruan konstruksi, Workshop menjahit pembuatan hiasan busana dengan mesin bordir, teknik manufaktur, bidang kompetensi otomotif kendaraan ringan, Desain grafis, pelatihan bahasa Jepang, akting, barista dan bakery.

"Pelatihan merupakan peluang besar bagi muda mudi kita di Sumbar untuk memiliki skill, sehingga bisa ke luar negeri sebagai tenaga kerja yang mempunyai keterampilan, bukan menjadi tenaga kerja buruh juga bukan kerja kasar," katanya.

Selain itu, biaya pelatihan juga sudah di tanggung oleh negara yang merupakan kesempatan besar yang telah difasilitasi dengan gratis oleh negara. 

Tidak hanya itu, bahkan juga ada kesempatan pelatihan bagi para pidana di lapas untuk bekerjasama dengan BLK Padang, khusus bagi kasus narkoba untuk dibina kemandiriannya didalam segi pekerjaan khusus yang diarahkan kepada UMKM, sehingga memiliki keterampilan saat bebas nanti.

"Hal tersebut sangat bagus sekali, artinya saudara-saudara kita masih punya harapan hidup, karena mereka juga manusia, juga punya keluarga," ujar Audy.

Selanjutnya Audy juga menyebutkan hal demikian merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh kita bersama, untuk saling bahu membahu mengurangi tingkat pengangguran.

"Saya melihat tingkat kedisiplinan BLK Padang sangat luar biasa, sehingga akan terwujud calon tenaga kerja yang memiliki daya saing dalam memasuki pasar kerja, otomatis akan menurunkan tingkat pengangguran di Sumbar," harap Audy. (Hms-Sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza