Ticker

6/recent/ticker-posts

Bahas Program Pendidikan Kebencanaan

Mensos dan Mendikbud Bahas Program Pendidikan Kebencanaan

JAKARTA - Sebagai tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo, tentang program pendidikan kebencanaan secara tersistem di seluruh sekolah, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.


Tanamonews.com | Dalam pertemuan di Kantor Kemdikbud, Jakarta Selatan Jum'at (18/1/2019) tersebut, dibahas tentang pemberdayaan Taruna Siaga Bencana (Tagana). 

"Di satu sisi Mensos memiliki tenaga instruktur dan tutor yang banyak yaitu dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) sementara Kemdikbud memiliki subjek yang bisa digarap yaitu sekolah dan siswa maka jika ini dipadukan akan menjadi kekuatan yang sinergis antara dua kementerian," ujar Mendikbud, Muhadjir Effendy dalam pertemyan tersebut. 

Senada dengan Mendikbud, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa dalam menindaklanjuti instruksi Presiden, pihaknya akan segera merealisasikan program mitigasi bencana dengan Kemendikbud.

Menurut Agus, kolaborasi dengan Kemdikbud nantinya akan melibatkan para relawan dan tenaga sukarela di bawah Kemensos. "Kami yang punya para relawan selanjutnya Kemdikbud melalui sekolah-sekolahnya memberikan kesempatan bagi para Tagana memberikan pelatihan-pelatihan dan simulasi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana," terangnya.

Mendikbud menyampaikan bahwa program ini selain melibatkan Tagana, juga akan melibatkan pihak lain yang sudah terdidik dan berpengalaman dalam hal kebencanaan.

"Kita ajak tim nasional, BNPB, juga tim-tim relawan nasional yang sudah bergabung yang sudah well organized dan sudah punya pengalaman, dan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama masuk dalam salah satu program kita," ujar Mendikbud.

Adapun program yang akan diterapkan di seluruh sekolah tersebut  dibagi menjadi tiga bagian yaitu pembekalan yang sifatnya informasi, teknik antisipasi, penanganan bencana, dan simulasi yang melibatkan guru maupun organisasi intra sekolah seperti Korps Sukarelawan Sekolah, Palang Merah Sekolah, dan Pramuka. (adi)



Penulis : Hartono
#Aliansi Jurnalistik Online Indonesia
Tag & Hyperlink : Mendikbud, Mensos, Muhadjir Effendy, Agus Gumiwang Kartasasmita, Program Pendidikan Kebencanaan

Posting Komentar

0 Komentar



Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com