Ticker

6/recent/ticker-posts

Malam Ini Dampak Fenomena Supermoon

Dampak Fenomena Supermoon yang Malam Ini Menghiasi Langit Indonesia

Jakarta - Peristiwa alam gerhana bulan total dan supermoon ini akan terjadi pada Senin 21 Januari 2019. Fenomena Supermoon 2019  akan menghiasi langit Indonesia


Tanamonews.com - Supermoon adalah ketika bulan paling dekat dengan Bumi dalam orbitnya selama fase penuhnya, membuatnya tampak lebih besar. Bila nanti malam cuaca baik, kita bisa melihat fenomena supermoon di langit dengan mata telanjang.

BMKG sendiri juga mengumumkan akan terjadinya fenomena supermoon serta dampak supermoon pada Senin (21/1/2019) di akun instagramnya.

Menurut BMKG adanya fenomena supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia. Pasang air ini dinilai dapat berdampak pada terganggunya transportasi disekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat, kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas masyarakat pesisir di sejumlah lokasi, yaitu Pesisir Utara Jakarta, Pesisir Utara Jawa Tengah, Pesisir utara Jawa Timur, Pesisir Cilacap, Pesisir Tanjung Benoa Bali, Pesisir Kalimantan Barat, dan Pesisir Makassar pada 19-22 Januari 2019. 

"Oleh karena itu dihimbau untuk masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini terutama yang berada didaerah yang disebutkan pada infografis." tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut. Selain itu, masyarakat diminta memperhatikan update informasi cuaca maritim melalui situs dan media sosial resmi BMKG.

Penulis : Rivo Labbaika
Tag/Hyperlink : Supermoon, BMKG, Dampak Supermoon

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/
Klik Gambar Dibawah Ini, Untuk Informasi Lebih Lanjut...


Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com