Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemerintah Aceh Fokus Bangun Pedesaan

Tekan Angka Kemiskinan, Pemerintah Aceh Perlu Fokus Bangun di Pedesaan

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wahyudin
Tanamonews.com | Banda Aceh, Gatra.com – Kepala BPS Aceh, Wahyudin meminta Pemerintah Aceh agar dapat memanfaatkan anggaran Aceh untuk fokus membangun di daerah pedesaan, dengan begitu akan menurunkan angka kemiskinan secara signifikan.

“Untuk menekan angka kemiskinan, pemerintah harus memanfaatkan anggaran Aceh yang cukup besar setiap tahunnya untuk fokus membangun pedesaan,” ungkap Wahyudin, kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (16/01).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh masih menempati urutan pertama sebagai provinsi termiskin di Sumatera dan peringkat enam termiskin secara Nasional.

Padahal, kata dia, APBA merupakan yang terbesar di Sumatera, selain itu dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Aceh sejak tahun 2014 silam telah mencapai Rp14 triliun.

“Meskipun terjadi penurunan angka kemiskinan pada periode September 2018, namun provinsi Aceh masih menempati peringkat pertama termiskin di Sumatera,” jelas Wahyudin kepada wartawan di Banda Aceh.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga di luar BPS, dana desa belum mampu untuk menggerakkan potensi masyarakat miskin, akan tetapi masih pada tataran elit yang ada di desa tersebut.

Sehingga program-program ke depan perlu diarahkan ke pemerataan pembangunan dan sasaran program, agar tidak lagi seperti yang dilaksanakan selama ini. "Karena kalau tidak, orang miskin di pedesaan tetap saja susah mengakses keuangan sehingga bisa keluar dari kemiskinan,” paparnya.

Lebih lanjut, Wayhudin mencontohkan, produksi padi petani Aceh meningkat namun hal itu belum mampu mensejahterakan petani.

Dikarenakan hasil produksi gabah Aceh dibawa keluar Aceh, sehingga petani di Aceh akan membeli beras. “Hal itu dikarenakan para petani mengambil uang dari peminjam sebelum bertani,” jelas dia.

Sehingga, diperlukan usaha pemerintah sehingga petani tidak perlu pinjam uang dari pihak lain, tapi pemerintahlah yang menyiapkan.

"Misalnya pinjam dari dana desa, kan di dana desa itu ada bagian yang bisa dikelola untuk membantu masyarakat, itu seharusnya berperan, ini perlu dilakukan pemerintah,” ujarnya.

Reporter: Teuku Dedi
Editor: Mukhlison
#Aliansi Jurnalistik Online Indonesia
Tag/Hyprlink  : Pemprov Aceh

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/
Klik Gambar Dibawah Ini, Untuk Informasi Lebih Lanjut...


Tanamo News TV Channel




.com/media/
Welcome to Tanamo News.com