Ticker

6/recent/ticker-posts

Penguatan Kerja Sama Pariwisata

Penguatan Kerja Sama Pariwisata Tingkatkan Kualitas Hubungan Bilateral Indonesia-Pakistan

Pakistan - 10 destinasi wisata unggulan Indonesa dikenalkan kepada publik Pakistan pada hari Selasa (22/1). Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) bekerja sama dengan KBRI Islamabad mengundang para travel operators (TO) Pakistan melalui pertemuan bisnis di Lahore.


Tanamonews.com | Sebanyak 60 orang pengusaha Pakistan bidang pariwisata menyimak seksama penjelasan para pelaku usaha sektor pariwisata Indonesia mengenai berbagai paket wisata menarik yang dikemas sedemikian rupa untuk mencuatkan 10 destinasi wisata baru tersebut.

Pertemuan bisnis berlangsung produktif. Beberapa pengusaha TO Pakistan langsung menyatakan minatnya bekerja sama dengan mitra Indonesia mempromosikan paket-paket wisata yang menarik bagi wisatawan Pakistan.

Sebelumnya pada hari Senin (21/1), dilaksanakan pertemuan antara Delegasi Kemenpar RI bersama KBRI Islamabad dengan Managing Director Tourism Development Corporation of Punjab (TDCP). Dalam pertemuan disepakati untuk menjalin kerjasama mempromosikan destinasi wisata di kedua negara.

Wakil Kemenpar RI, Pupung Thariq Fadhila, mengisi pertemuan tersebut dengan menjelaskan nilai atraktif destinasi wisata di Indonesia seperti Tanjung Kelayang, Borbudur, Bromo, dan Kepulauan Seribu. Destinasi tersebut diharapkan dapat menarik lebih lanjut kalangan wisatawan Pakistan karena menawarkan ragam wisata yang diminati seperti pantai dan alam, budaya, wisata keluarga dan belanja, serta paket-paket wisata untuk honeymooners.

Sementara Managing Director TCDP, Ahmer Mallick mengakui minimnya pengetahuan wisatawan Pakistan terkait obyek-obyek wisata Indonesia selain Jakarta dan Bali. "Karena itu, kami menyambut baik upaya delegasi Indonesia mengedukasi kalangan industri Pariwisata Pakistan mengenai destinasi-destinasi yang diminati pelancong Pakistan", imbuhnya seraya mengajak untuk bersama-sama mendorong wisatawan Indonesia juga berpesiar ke Pakistan.

Untuk mendorong efektivitas promosi, wakil Kemenpar RI mengundang tur operator Pakistan berpartisipasi dalam kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) ke Indonesia untuk melihat langsung tujuan wisata baru tersebut. Seeing is believing. Kesempatan tersebut juga dapat digunakan untuk promosi potensi wisata Pakistan kepada kalangan industri pariwisata Indonesia.

Dalam semangat itu, Kemenpar RI, KBRI Islamabad, dan TDCP sepakat untuk berkoordinasi secara intensif guna mengembangkan kerja sama pemasaran sektor Pariwisata bagi kedua negara. Penguatan kerja sama wisata antar dua negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tersebut, diharapkan akan meningkatkan saling pehamanan dan pengertian yang lebih mendalam antarkedua bangsa. Modal ini akan menjadi pendorong lebih lanjut pada kerja sama ekonomi dan perdagangan yang lebih produktif.

Bagi Indonesia pariwisata adalah salah satu sektor penting perekonomian Indonesia dengan menyumbang 9,6% GDP. Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun 2018 mencapai 13,5 juta orang, terus meningkat sejak 3 tahun terakhir. Tahun 2019, Pemerintah Indonesia optimis targetkan kunjungan wisma akan mencapai 20 juta orang.

Penguatan kerja sama pariwisata perlu dilakukan bersama-sama untuk mendorong people to people contact dalam upaya meningkatkan saling-paham kedua bangsa dan meningkatkan kerja sama ekonomi serta bisnis kedua negara.

tag/hyperlink : KBRI Islamabad, TCDP, Kemenpar
#IniDiplomasi

Posting Komentar

0 Komentar

Silahkan klik


TV Channel




Welcome to Tanamo News.com