PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

112 Keluarga Penerima Manfaat PKH Yang Mandiri

Padang - Keberhasilan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Padang belum signifikan. Terlihat dari sebanyak 19.550 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak 2014 baru 112 KPM yang dinyatakan mampu mandiri.


Tanamonews.com | Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi, pelaksanaan PKH bersifat komplementaritas yang berarti kesuksesannya tergantung dengan keterlibatan semua pihak. Pendamping tidak bisa bekerja tanpa ada bantuan dari pihak lain, baik pihak bank, BPJS, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, pihak kecamatan, kelurahan serta semua unsur yang terkait.

"Diperlukan sinergi dan koordinasi dengan semua pihak untuk kesuksesan pelaksanaan PKH sehingga bisa lebih maksimal menyasar semua KPM dan menyelesaikan permasalahan yang jadi kendala," kata Afriadi membuka kegiatan sosialisasi PKH Kota Padang 2019 di Aula Pramuka Sumbar, Rabu (27/2/2019).

Afriadi didamoingi Kabid Linjamsos Martias menyebutkan, jumlah SDM PKH Kota Padang saat ini berjumlah 91 orang terdiri dari 85 pendamping dan 4 orang operator dan 2 orang pekerja sosial suoervisor dan 1 orang koordinator. Sedangkan jumlah KPM jauh lebih besar sehingga perlu kerja keras untuk mengubah mindset masyarakat khususnya KPM agar keluar dari kemiskinan.

"Bukan tugas yang mudah untuk pelaksana PKH, terlebih bagi pendamping yang jadi ujung tombak di lapangan," ujarnya.

Seperti diketahui, kata Afriadi,  PKH adalah program bersyarat untuk meningkatkan kesejahteraan sosial sekaligus sebagai upaya memutus rantai kemiskinan. Disamping itu, PKH juga program pemberdayaan kepada keluarga kurang mampu melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang dilakukan setiap bulannya kepada KPM.

"Dengan PKH, keluarga penerima manfaat memiliki akses yang lebih baik untuk pelayanan sosial dasar, ketertinggalan sosial sehingga kesejahteraannya meningkat dan mampu mandiri," tutupnya. (In/yt)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza