Ticker

6/recent/ticker-posts

Penguatan Hubungan Bilateral Indonesia Aljazair

Kunjungan Delegasi DPR RI ke Aljazair dan Pembentukan Kelompok Persahabatan Parlemen Aljazair Indonesia

AljazairKelompok persahabatan parlemen "Aljazair-Indonesia" dibangun Senin di Aljir, diketuai oleh Mr. Abdelhamid Si Afif, ketua Komisi Urusan Luar Negeri, Kerjasama dan Komunitas Diaspora di Luar Negeri, dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Aljazair Safira Machrusah dan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri.

DPR Aljazair : Kelompok Parlemen untuk Persahabatan Aljazair-Indonesia dibangun

Tanamonews.com | Berbicara pada kesempatan ini, Mr. Si Afif menyambut baik hubungan politik "istimewa dan luar biasa" antara kedua negara, di samping hubungan historis yang bermula dari konferensi Asia Afrika di Bandung (Indonesia). 

Pendirian kelompok pertemanan parlementer ini harus mengarah pada penguatan hubungan persahabatan yang "kualitatif" dan pembentukan kerangka kerja yang tepat untuk koordinasi dan kerja sama antara anggota parlemen, di samping kebangkitan kembali diplomasi parlemen yang sangat penting oleh Pemerintah kedua negara, katanya.

Sementara itu, Mme. Safira Machrusah menyambut baik hubungan kedua negara, menyoroti upaya yang dilakukan untuk mempromosikan kerja sama bilateral. Hubungan bilateral juga menjadi fokus lain antara Mr. Si Afif dan delegasi Komisi Satu Dewan Rakyat Indonesia untuk Pertahanan, Luar Negeri, Komunikasi, Keamanan, TI dan intelijen, dipimpin oleh Ketua Delegasi Asril Hamzah Tanjung.

Pada pertemuan ini, Mr. Si Afif mengatakan bahwa hubungan "luar biasa" antara kedua negara membutuhkan dukungan khususnya dalam bidang politik, ekonomi dan komersial. Dia menekankan bahwa hubungan kedua negara dapat berkembang karena Aljazair memiliki keterampilan dalam proses diversifikasi ekonominya, sementara Indonesia memiliki potensi industri. 

Untuk itu berdua membutuhkan pengembangan kapasitas untuk mengeksplorasi berbagai bidang kerja sama, katanya. Dia lebih lanjut menyatakan bahwa kunjungan pertukarkan antara anggota parlemen ini berkontribusi pada "memperkuat hubungan persahabatan, konvergensi pandangan dan pembentukan kerangka kerja yang memadai untuk koordinasi dan kerja sama". 

Ia menambahkan bahwa kunjungan ini juga memungkinkan pengembangan diplomasi parlementer di mana Aljazair memberikan tempat terhormat untuk APN dalam Konstitusi yang reformasinya diprakarsai oleh Presiden Republik, Mr. Abdelaziz Bouteflika.

Terkait hal ini, Mr. Si Afif merujuk pada peran DPR Aljazair (APN) dalam "bidang legislatif dan kontrol", termasuk penguatan partisipasi perempuan dan pluralisme dalam politik.

Anggota delegasi Indonesia, pada bagian mereka, menyambut kedalaman hubungan antara kedua negara, menyoroti upaya yang dilakukan untuk mempromosikan kerja sama bilateral. Mereka lebih lanjut menegaskan bahwa kunjungan ini harus memberikan dorongan besar pada tujuan perkembangan hubungan dan kemungkinan kerjasama di beberapa bidang, terutama melalui mekanisme komunikasi antara anggota parlemen.


tags/hyperlink : DPR RI, DPR Aljazair, Duta Besar LBBP RI Safira Machrusah, KBRI Alger,  #penguatan hubungan bilateral Indonesia Aljazair

Sumber: lechodalgerie

Posting Komentar

0 Komentar



Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com