PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Peluang Startup Energi Terbarukan Kian Terbuka

JakartaDi tengah upaya mendorong industri EBT, antusiasme anak muda untuk dapat berkontribusi terhadap perkembangan EBT kini kian meningkat. Lahirnya startup-startup EBT pun menjadi harapan baru untuk mendorong tercapainya target tersebut.


Tanamonews.com | Kepala Bagian Kerja Sama Bilateral Kementerian ESDM, Gita Lestari mengapresiasi tingginya minat pemuda Pekanbaru untuk turut berkontribusi menciptakan ekosistem startup.

Untuk mencapai target bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai elemen Pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkannya.

“Sepuluh tahun lalu saya sempat dengar ada beberapa orang yang punya inisiatif untuk menjual Solar PV di Sumatera ke petani sawit, atau petani karet sebagai sumber energi. Itu baru satu kelompok, maka tidak terbayang saat ini begitu banyak orang yang concern terhadap EBT,” ungkap Gita seperti dikutip laman Kementerian ESDM, Jakarta, 24 Februari 2020.

Selain solar PV, Gita mengungkapkan potensi-potensi sumber EBT di Indonesia yang dapat dikembangkan oleh startup EBT di Indonesia. Menurutnya, potensi yang cukup besar untuk dapat dikembangkan salah satunya adalah biogas.

“Saya melihat potensi besar di Indonesia ada 2, solar PV dan biogas. Keduanya cukup potensial untuk dikembangkan oleh startup EBT”, jelasnya.

Baca Juga : Digempur Luar-Dalam, Saham Emiten Batu Bara Merah Padam

Gita pun berbagi pengalamannya saat mengawal konservasi energi di Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM. Dia menyebut beberapa inovasi yang kini telah didukung oleh digitalisasi.

“Pemerintah Daerah Yogyakarta berhasil menurunkan tagihan atas penggunaan PJU sebesar 60% setelah pemasangan kWh meter di tiap PJU. Jadi memang digitalisasi dapat cukup berperan dalam penghematan energi,” pungkasnya. (in*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza