PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Ini Kata Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Atas Meninggalnya 9 Penambang Emas di Solsel

PADANG - Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syahjohan mendesak inspektur pengawas tambang dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan investigasi lapangan, pasca meninggalnya sembilan penambang emas di Solok Selatan (Solsel).

Anggota Komisi IV DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syahjohan

Tanamonews | "Kami di Komisi IV ikut prihatin dan berduka cita, atas meninggalnya sembilan warga Solsel yang tertimbun material longsoran saat melakukan penambangan emas secara tradisional. Kita juga mendesak inspektur pengawas tambang dan Dinas ESDM Sumbar melakukan investigasi lapangan," kata Mario, Minggu (9/4/2020).

Agar kejadian serupa tidak terulang, dan menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak, pihaknya menilai perlu adanya semacam pengawasan dari semua stakeholder terkait. 

"Harus ada pengawasan apalagi menyangkut nyawa orang. Disisi lain, kita juga tidak bisa pungkiri pekerjaan menambang tradisional dilakukan untuk mencukupi kebutuhan dasar. Namun faktor keselamatan juga diperhatikan," ulasnya.

Pihaknya, menilai warga terpaksa melakukan kegiatan penambangan emas ilegal dikarenakan dampak dari wabah Covid-19. Dimana, untuk mencukupi kebutuhan ekonomi.

"Karena ini dampak Covid-19, maka Kami desak Pemkab dan Pemprov Sumbar agar segera memberikan bantuan tanggap darurat untuk semua masyarakat terdampak di Sumbar," katanya.

Pihaknya, menyarankan supaya Pemkab Solsel bisa mengusulkan Ijin Penambang Rakyat (IPR) ke Pemprov Sumbar, supaya kegiatan penambangan bisa legal. "Sehingga, kesejahteraan masyarakat melalui IPR bisa difokuskan terhadap keselamatan kerja. Kami di Komisi IV mendukung nantinya," sebutnya. (1n*humas-sumbar)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza