PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Pendapatan Daerah Sumbar di KUA PPAS 2021 Rp. 6,4 Triliun, Prioritas Penanganan Covid 19

Padang - DPRD bersama Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) menyepakati pendapatan daerah pada Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2021 sebesar Rp6,4 triliun dalam rapat paripurna yang digelar di Padang. Rabu (14/10)

Tanamonews | Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi mengatakan Pada tahun 2021 terdapat dua isu strategis dalam pemerintahan daerah penanganan COVID-19 dan berakhirnya periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang menandakan berakhirnya masa jabatan gubernur dan wakil gubernur. 

Sesuai Permendagri 64 tahun 2020 tentang penyusunan terbaru APBD 2021 maka arah kebijakan anggaran ditampung dalam KUA PPAS 2021 yang akan melakukan dialokasikan penanganan COVID-19 terutama aspek kesehatan dan dampak ekonomi.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam krisisnya mengatakan pendapatan asli daerah diprediksi Rp 2,2 triliun yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah dan pendapatan lain yang sah. 

Untuk pajak daerah diprediksi Rp1,7 triliun, retribusi daerah Rp25 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah diprediksi Rp102,4 miliar dan lain-lain, pendapatan asli daerah lain yang sah Rp370,7 miliar. 

Kemudian transfer pendapatan dari pusat diprediksi Rp4,1 triliun yang terdiri dari Dana bagi hasil sebesar Rp127 juta, alokasi umum Rp1,9 triliun, Dana Alokasi khusus fisik sebesar Rp282 miliar dan Dana Alokasi Khusus non fisik Rp1,7 triliun.

Pendapatan lain yang sah sebesar Rp33,03 miliar yang terdiri dari hibah yang diprediksi sebesar Rp8,9 miliar, pendapatan lain yang sesuai peraturan perundang-undangan pada tahun 2021 sebesar Rp24,1 miliar. 

Sementara untuk Belanja Daerah di KUA PPAS 2021 disepakati sebesar Rp6,6 triliun yang terdiri dari belanja daerah dan belanja modal sebesar Rp5,7 triliun yang terdiri dari belanja pegawai, belanja barang jasa dan modal sebesar Rp4,8 triliun. 

Pemenuhan target RPJMD sesuai skala prioritas dan pengurangan anggaran untuk kegiatan strategis yang berdampak pada realokasi pada 2020. (Hms-Sumbar).

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza