Ticker

6/recent/ticker-posts

Rektor Unitas : Dalam Persaingan Global Saat ini Bagaimana Unitas Padang Bisa Terbang

Padang - Dalam persaingan global saat ini bagaimana setiap almamater dan akademika bukan berlari akan tetapi bisa terbang. Saat Universitas Taman Siswa berada di peringkat 110 dari 3320 perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta (data Kemenristekdikti). Sementara berdasarkan webometrics, Universitas Taman Siswa berada pada peringkat 656 dari 3320 perguruan tinggi se-Indonesia. Dan  masuk rangking 7 dari 300 an perguruan tinggi di wilayah X Sumbar, Riau dan Jambi.

Tanamonews | Hal ini diungkap Rektor Universitas Tamansiswa Padang Sepris Yonaldi,SE.MM pada acara pengukungan pengurus Alumni Unitas Padang periode 2020-2025 di ruang pertemuan Prof Haryono Suyono Unitas Padang, Sabtu (5/12/2020).

Rektor muda ini juga mengatakan, Kini Unitas Padang sudah mendapatkan akreditasi institusi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Artinya wisudawan tidak perlu minder, inferior dan berkecil hati ketika bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. 

“Yakinlah kita selevel dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia tersebut. Apalagi kita dibekali dengan Konsep Pendidikan Ketamansiswaan oleh Bapak Pendidikan Nasional. Anda harus berani menerobos berkompetisi dengan institusi bergengsi dunia,” ungkapnya.

Sepris menyatakan dia perlu menyampaikan hal tersebut karena di era revolusi industri 4.0, tingkat persaingan di dunia kerja semakin sulit. Apalagi pekerjaan manusia banyak tergantikan oleh mesin-mesin otomatis berbasis kontrol digital. Era revolusi industry 4.0 bertumpu pada teknologi robotic dan kecerdasan buatan.

“Revolusi Industri harus dipandang sebagai peluang yang sangat menjanjikan. Makanya Unitas membuka program-program studi baru yang inovatif serta memiliki daya saing yaitu Program Studi (Prodi) Aktuaria, Prodi Manajemen Ritel, Prodi Kewirausahaan, Prodi Geografi, Prodi Agribisnis, dan Pasca Sarjana Agroteknologi,” katanya. 

Sepris juga mengingatkan ketua dan pengurus Alumni agar secepatkan melakukan sinegritas pembahasan program dan kegiatan kepengurusan dengan pihak Universitas Tamansiswa Padang, sehingga semua gagasan dan kegiatan dapat disesuaikan dengan kebutuhan guna mendorong kemajuan Unitas Padang tentunya. 

Sekretaris BPPTTS Tamansiswa Padang, Ki.Ir.P.N.Jefri,MP, juga menyampaikan keberadaan organisasi alumni seperti IKA-UNITAS memainkan peranan yang sangat penting dalam banyak hal Secara umum, IKA- UNITAS sangat potensial untuk mendukung kemajuan di negeri kita dengan berkiprahnya alumni dalam berbagai bidang'. 

“Kualitas dan kuantitas alumni yang tergabung dalam organisasi alumni ini memungkinkan lahirnya solusi-solusi jitu, praktis, dan sinergis yang memang sangat dibutuhkan oleh negeri kita saat ini. Di sisi lain bagi almamater Unitas, meskipun bagi alumni yang saudara tidak berada di Padang, saya yakin bahwa saudara-saudara selalu up-to- date terhadap dinamika perkembangan Unitas di berbagai bidang,” ujarnya.

Jefri juga sampaikan, sebagai alumni dari sebuah universitas di Padang, pikiran, ide, kritikan yang membangun, serta segala bentuk konstribusi dari saudara-saudara sekalian juga sangat dirindukan oleh warga UNITAS. Karena bagaimanapun, Ikatan alumni diakui atau tidak sangat unik dan potensial, karena hampir tidak ada organisasi yang dibentuk dari heterogenitas kepakaran yang sangat tinggi, seperti halnya ikatan alumni ini. 

“Sementara organisasi lain dibentuk dari sekumpulan orang yang cenderung memiliki latar keahlian yang sama, dan itu dijadikan pengikat utama dalam organisasi tersebut, ikatan alumni perguruan tinggi, secara umum justru menampung semua orang dari berbagai latar keilmuan untuk kemudian dipersatukan melalui ikatan emosional yang cukup erat, karena mereka pernah berada dalam satu almamater. Khusus untuk IKA-UNITAS, ikatan emosional tersebut bernama Universitas Tamansiswa Padang. Ikatan emosional ini semoga dapat dipelihara dengan baik dalam konteks silaturrahmi dan sinergi yang bertujuan untuk kebaikan alumni, almamater dan masyarakat,” ungkapnya

Jefri katakan, berkat dukungan dan doa banyak pihak, termasuk para alumni Universitas Tamansiswa, almamater kita telah berkembang sedemikian rupa, sehingga saat ini telah memiliki 10 program studi dan Insya Allah akan didirika dua prodi magister lagi yairu magister Manajemen dan Magister Hukum. Sementara itu unitas telah memperoleh nilai Akreditasi Institusi B, yang merupakan suatu predikat yang tidak mudah memperolehnya, begitu juga semua prodi sudah terakriditasi B dan akreditasi baik. 

“Salah satu kriteria penilaian akreditasi tersebut adalah keberhasil dari alumni setelah meninggalkan almamater atau keberhasilannya di dunia kerja. Pada waktu akriditasi kemaren kita telah menghadirkan beberapa alumni kita yang berhasil kepada assesor, seperti kepala Dinas Perikanan kota Padang, bebrapa alumni yang bertugas di pengadilan dan kejaksaan dan lainnya, insya Allah kita memperoleh Akreditasi institusi B. 

Begtu juga kita dapat memperoleh bantuan dari Pemda juga atas bantuan dari alumni tepatnya peran Ketua alumni periode yang lalu. Untuk itu kami dari Badan Penyelenggara Perguruan Tinggia Tamansiswa Padang mengucapkan terima kasih atas semuanya itu. Jelasnya,

Ia juga ungkapkan , para alumni merupakan salah satu simpul yang sangat penting, karena kualitas dan kuantitas alumni menggambarkan kualitas layanan pendidikan Unversitas tamansiswa. Dan kami sangat yakin, jika pun tidak 90%, maka minimal lebih dari 70% alumni Universitas Tamansiswa telah berhasil berprestasi yang membanggakan almamaternya dengan berkiprah ditengah masyarakat sebagai ASN, anggota legislatif, Bupati, camat, abri, kepolisian, wiraswata dan lainnya.

“Saat ini sampai wisuda yang terakhir ke 59, jumlah alumni Universitas Tamansiswa telah mencapai 112.274 orang. Dan setiap tahunnya, kita masih meluluskan lebih kurang 300 lulusan baru. Kami sangat berharap bahwa para alumni Universitas Tamansiswa Padang, termasuk saudara ikut peduli dengan para alumni baru kita, dengan cara membantu, membimbing, dan memfasilitasi mereka dalam memasuki dunia kerja saat ini,” himbaunya.

Jefri juga harapkan kepada pengurus alumni yang terpilih dan telah dilantik kami mengucapkan selamat bertugas semoga sukses dalam menjalankan program kerja diantaranya adalah menjaga persatuan rasa kebersamaan dan persatuan sesama pengurus dan alumni dan mengangkat citra almamater dengan berkiprah ditengah masyarakat. Kepada pengurus yang lama kami mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya dan tentunya akan mendukung dan membantu pengurus yang baru. (Ind-Zrd).

Posting Komentar

0 Komentar

"Iklan KPU Kota Bukit Tinggi" .com/media/





Welcome to Thank's