PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Kakanwil Dukung Penuh Polda Sumbar Program Pendidikan Berlalu Lintas Anak Usia Sekolah

Tanamonews | Padang, - Dalam rangka Menekan kecelakaan lalu lintas Kapolri telah menyetujui nota kesepakatan dengan Menteri pendidikan tentang Implementasi Pendidikan Lalu Lintas kepada anak usia sekolah. 

Tindak lanjut dari program tersebut Polda Sumbar menggelar Evaluasi Implementasi Pendidikan Lalu Lintas kepada Komunitas Guru Keselamatan Jalan dalam Rangka Pembentukan Pelopor Tertib Lalu Lintas di aula kantor Polda Sumbar, Rabu (03/03).

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Yofie Girianto dalam laporannya menyampaikan, “untuk tahun ini saja kecelakaan lalu lintas sudah mencapai angka 2.568 kasus dan dari jumlah tersebut 915 kasus melayani anak usia sekolah, dan setelah kami mencoba untuk survei turun ke lapangan banyak sekali dari anak usia sekolah yang tidak tau arti dari beberapa rambu rambu lalu lintas”.

Bertolak dari hal tersebutlah Kapolri mengadakan nota kesepahaman dimana hari ini adalah tindaklajutnya di tingkat Provinsi, Kota dan Kabupaten. Vicon ini diikuti oleh seluruh jajaran Polda Sumbar di Kota dan Kabupaten se Sumatera Barat.

Kepala Polda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto dalam kesempatan itu menyatakan, pihaknya terus membangun senergitas dan kolaborasi dengan seluruh instansi pemerintah dalam rangka ketertiban dan keamanan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda Sumbar, “salah satu langkah antisipasi mengatasi permasalahan lalu lintas yang terus saja berkembang seiring dengan populasi kendaraan bermotor yang tumbuh sangat pesat adalah melaksanakan penguatan fundamental melalui pembinaan dan pendidikan terhadap anak didik di sekolah melalui model pengintegrasian pendidikan lalu lintas pada mata pelajaran pancasila dan kewarganegaraan (PPKN), guna mewujudkan menciptakan yang taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas, ”terangnya.

Kapolda berharap seluruh peserta mampu memberikan edukasi kepada peserta didik di sekolah masing-masing mengenai aturan berlalu lintas. Sehingga akan terwujud menciptakan yang patuh aturan lalu lintas pada 5 sampai 10 tahun mendatang.

“Kami berharap kepada Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kota untuk dapat menunjuk beberapa Sekolah atau Madrasah pada masing masing Kabupaten Kota sebagai percontohan pengaplikasian pendidikan lalu lintas sehingga menjadi barometer penerapan disiplin berlalu lintas yang dapat diimplementasikan di seluruh sekolah dan Madrasah di Sumatera Barat. ”  

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri dalam meapresiasi program rancangan kapolri bersama Menteri Agama tersebut.

“Kami laporkan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat memiliki 1.173 Madrasah, 404 Raudhatul Athfal, 146 Madrasah Ibtidaiyah, 405 Madrasah Tsanawiyah dan 218 Madrasah Aliyah, 226 Pondok Pesantren dengan jumlah siswa total 171.699 orang dan guru 18.762 orang, apa yang telah dilakukan Polda Sumbar ini merupakan upaya menjaga kehidupan anak kita, dimana Kegiatan ini sangat MTS (Masiv, Terstruktur dan Sistematis), kami sangat terimakasih, ”ujar Kakanwil.

Selanjutnya Kakanwil menyampaikan pentingnya program keselamatan berlalu lintas yang dilaksanakan oleh Polda Sumbar ini bagi anak dan siswa Madrasah dan Pondok Pesantren di Provinsi Sumatera Barat, yaitu: 

  1. Untuk menanamkan dan memberikan pemahaman akan keselamatan diri dan orang lain. 
  2. Melaksanakan pengintegrasian pendidikan lalu lintas kedalam proses pembelajaran. 
  3. Memberikan pengetahuan kepada anak usia sekolah terkait rambu lalu lintas. 
  4. Menanamkan sikap disiplin pada siswa. 
  5. Ajakan serta masyarakat agar senantiasa disiplin dalam berlalu lintas. 
  6. Mengoptimalkan polisi cilik pada Madrasah dan Pondok Pesantren.

Terakhir Kakanwil akan mendukung upaya upaya Polda Sumbar dalam mendukung program Pendidikan Berlalu Lintas untuk anak usia sekolah dengan memaksimalkan seluruh madrasah dan juga melibatkan penyuluh yang ada di Kecamatan untuk mesosialisasikan program ini.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Dirlantas Polda Sumbar dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Kanwil Kemenag Sumbar, serta Penyerahan Plakat serta piagam kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Kanwil Kemenag Sumbar juga kepada perwakilan Kepala Madrasah yang diterima oleh Kepala MIN 3 Padang, Yul Efendi, Kepala MTsN 6 Kota Padang, H. Ramli, Kepala MAN 2 Padang, H. Akhri Meinhardi, dan Ketua Yayasan Ponpes Shine Al Falah Ponpes Kampung Minang Kabau, Syamsul Akmal.

Turut hadir pada acara tersebut bersama Kakanwil, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsul Arifin dan Kepala Bidang Pendidkan Agama dan Keagamaan Islam, H. Rinalfi. [*]

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza