Ticker

6/recent/ticker-posts

TMMD ke 110 Lakukan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Ternak Sapi di Nagari Salibutan

Tanamonews, - Salibutan l Satgas TMMD Ke-110 bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padang Pariaman dan Propinsi Sumatra Barat pada Rabu (24/3/2021) melakukan kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan hewan berupa penyuntikan vaksinasi, vitamin, dan Inseminasi Buatan (IB). 

Kegiatan tersebut termasuk dalam bagian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 Kodim 0308/Pariaman di  Korong Lipek Pageh, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut  Zamzami, S.Pt, Kabid Pembibitan Dan Produksi menjelaskan,  "Penyuntikan vaksinnasi terhadap sapi warga binaan untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit. Selain itu penyuntikan bibit sapi terhadap sapi warga binaan dilakukan agar nantinya menghasilkan bibit sapi yang bagus dan unggul".

Penyuntikan Inseminasi Buatan (IB), vaksinasi dan pengobatan hewan ternak ini merupakan kerjasama antara Tim Satgas TMMD dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padang Pariaman dan Propinsi Sumatra Barat. Tim Satgas TMMD ke-110 Kodim 0308/Pariaman dan Dinas Peternakan terjun ke masyarakat dengan memberi vaksinasi ke hewan ternak milik warga Korong Kampung Alai.

Dengan adanya penyuntikan seperti vaksinasi dan inseminasi buatan (IB) ini ternak akan lebih dapat berkembang dengan baik, sekaligus akan mampu memberi hasil yang lebih baik pula. Sedangkan vaksinasi yang disuntikan untuk menjaga kesehatan hewan agar selalu dalam kondisi sehat. Pada intinya penyuntikan ini untuk meningkatkan kesehatan serta mempertahankan populasi ternak, khususnya peternakan sapi.

Dinas Prternakan dan Kesehatan Hewan dan  Kabupaten Padang Pariaman, melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak. "Secara bersamaan saat ini juga dilaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan, maka kami berinisiatif membantu memegangi sapi dan juga penyuntikan yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan supaya kegiatan ini berjalan dengan lancar", kata  Zamzami, S.Pt.

Dalam Kesempatan Yang sama Serda Zul Henra yang berada di Lokasi juga menyampaikan bahwa penyuluhan itu bertujuan untuk meningkatkan produktifitas peternak di masyarakat Nagari Salibutan. “Supaya mereka lebih semangat dan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari berternak ini", ujar Serda Zul Hendra.(Arif)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"





Welcome to Thank's