Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati Eka Putra Minta Penataan dan Pengelolaan Dilakukan secara Baik

TANAHDATAR, TANAMONEWS - SUMBAR | Bupati Tanah Datar  Eka Putra, SE saat menghadiri Rapat Koordinasi Kearsipan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang diselenggarakan, di Aula Kantor Bupati, Batusangkar, pada  Rabu 28 April 2021. 

Bupati menymapaikan Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Kearsipan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai makna tersendiri dalam penyelenggaraan roda pemerintahan di Luhak Nan Tuo ini.

Maka dari itu perlu adanya kesamaan presepsi, kepedulian serta peran seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah dalam penataan dan pengelolaan kearsipan secara baik.

“Kita mengharapkan koordinasi berjalan secara baik antara seluruh organisasi perangkat daerah bersama pengelola arsip, sehingga optimalisasi pengelolaan arsip dapat terjuwud secara optimal,” ujar Bupati Eka.

Buapti Eka menambahkan melalui Rakor kearsipan ini, terwujudnya  pemerintahan sadar arsip, tertib dan meningkatnya kualitas penyelenggaraan kearsipan daerah.

“Mengingat pentingnya arsip ini, diharapkan setiap perangkat daerah mampu melaksanakan pengelolaan arsip di lingkungannya, sehingga seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan terkelola secara optimal sehingga dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Erizal Ramli mengatakan manajemen kearsipan di indonesia sudah diatur dalam UU 43/2009, ruang lingkup penyelenggaraan kearsipan sesuai pasal 5 meliputi pembinaan kearsipan serta pengelolaan kearsipan dalam satu sistem kearsipan nasional.

Ia menyebutkan administrasi perkantoran kearsipan sangat penting,  karena peranan arsip sebagai sumber informasi yang akurat, pusat ingatan atau pengingat dan bahan bukti pertanggung jawaban terhadap generasi mendatang.

“Ke depan kita mengharapkan, setiap perangkat daerah dapat mendukung pengelolaan arsip dengan menyerahkan arsip vital, melaksanakan penyusutan arsip, dengan berpedoman kepada jadwal retensi arsip per urusan yang dimiliki. Pemerintahan yang baik, adalah pemerintahan yang tata kelola kearsipannya baik,” ujar Erizal Ramli.

Hadir pada ssat itu Plh. Sekretaris Daerah Edi Susanto, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan tamu undangan lainnya. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's