Ticker

6/recent/ticker-posts

Wabup Richi Ajak Hidupkan Gerakan Kembali Bernagari

TANAHDATAR, TANAMONEWS - SUMBAR | Wabup Richi Aprian melakukan safari Ramadhan  ke Masjid Fathul Barri Jorong Darek Nagari Simawang, pada Minggu, 18 April 2021 saat kunjungan Tim Ramadhan Khusus yang juga dihadiri Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi.

Ada sebuah keinginan besar yang ingin dicapai ke depan bagi generasi muda dan masyarakat Tanah Datar, yaitu mengembalikan serta meningkatkan rasa kebanggaan menjadi bagian dari Luhak Nan Tuo.

"Kita mengusung visi yakni Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani yang Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK). Kita ingin ABS-SBK tidak hanya slogan, namun benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan kita sehingga semua bangga menjadi bagian Tanah Datar," sampai Wabup Richi Aprian 

Lebih lanjut Wabup Richi mengungkapkan, keinginan itu juga didukung dengan gerakan generasi muda kembali ber-nagari. "Dimaksud ber-Nagari disini adalah generasi muda bersama instansi dan elemen terkait lainnya kembali menggalakkan pelajaran dan pemahaman terhadap adat salingka nagari," katanya.

Namun, tambah Richi lagi, bidang keagamaan masih tetap prioritas utama untuk dilanjutkan. “Program tahfizh dan hafizh terus kita dukung, bahkan ke depan kita terus berupaya meningkatkan status sampai kesejahteraan guru dan tenaga pengajarnya,” ujarnya.

Tentu saja, ungkap Wabup lagi, dengan program keagamaan dan adat istiadat itu, diharapkan tercipta generasi muda yang tangguh, handal dan berdaya saing. “Peningkatan pemahaman agama dan adat disamping memberikan aktivitas positif sehingga bisa menjauhkan generasi muda kita dari jeratan Narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan tindakan negatif lainnya,” katanya.

Selanjutnya di kesempatan itu Richi di samping menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan, ia juga mengingatkan tentang Covid-19, cuaca ekstrem yang kerap terjadi.

“Sudah setahun pandemi Covid-19 malanda Indonesia dan Tanah Datar, saat inipun kondisi masih diwarnai kasus positif, karena itu terus dan tingkatkan disiplin pelaksanaan Prokes untuk minimalisir penyebarannya. Kemudian juga BMKG menyebutkan cuaca saat ini kerap terjadi angin kencang, Camat bersama Wali Nagari juga masyarakat lakukan Goro pembersihan pohon-pohon yang berpotensi tumbang,” tukasnya.

Di kegiatan itu Wabup Richi Aprian menyerahkan bantuan pembangunan masjid Rp10 Juta yang langsung diterima Ketua Pengurus Masjid Fathur Barri H. Masrul Tanjung.

Dalam sambutannya H. Masrul Tanjung menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Tim Ramadhan Khusus pimpinan Wakil Bupati.

“Alhamdulillah, masjid kami ini yang baru berdiri 3 tahun memperoleh berkah kunjungan pak Wabup bersama rombongan dan mohon maaf sekiranya jamuan berbuka puasa ada kekurangan,” ujarnya.

Patut kita syukuri dan banggakan bersama, tambah Masrul, Masjid ini didirikan atas keinginan masyarakat jorong Darek untuk miliki sarana ibadah yang lebih representatif.

 “Sumbangan donatur dan masyarakat menunjukkan antusias yang tinggi, sehingga Masjid ini bisa berdiri dan dimanfaatkan seperti saat ini. Tentunya sumbangan yang dibawa Pak Wabup sangat berarti bagi kami, namun le depan kami juga berharap bantuan dan sumbangan lainnya,” pungkasnya. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's