Ticker

6/recent/ticker-posts

Wagub Sumbar Apresiasi BKOW Berbagi, Salurkan100 Paket Sembako

PADANG, TANAMONEWS.COM - SUMBAR | Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Sumatera Barat bersama dengan grup Bunga Sumatera Barat menyerahkan bantuan kepada warga yang kurang mampu, di Auditorium Gubernuran, Rabu, 5 Mei 2021.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy berpesan agar BKOW dapat bersinergi dengan jajaran pemerintah dan seluruh organisasi wanita untuk mendukung program-program pembangunan pemerintah. Terutama, dalam penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan derajat kesehatan, serta pendidikan kaum wanita di Sumbar.

"Kami mengapresiasi upaya, komitmen dan kerja keras yang telah dilakukan oleh BKOW  sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan perempuan," kata Audy Joinaldy.

Tanpa partisipasi dan dukungan yang kuat dari organisasi perempuan, pemerintah tidak akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Adakalanya organisasi perempuanlah yang berada di lini terdepan dalam mensosialisasikan dan mensinergikan berbagai program pemerintah kepada masyarakat. 

"Kita menyadari bahwa organisasi perempuan  telah membantu dalam meneruskan program-program pemerintah kepada masyarakat tanpa pamrih," ucapnya.

Salah satu tujuan pembangunan Nasional adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu masyarakat yang dalam kehidupannya selaras, serasi dan seimbang antara kehidupan rohani dan jasmani, antara kehidupan material dan spiritual, antara kehidupan duniawi dan ukhrowi.

"Hal itu amat  sesuai dan sejalan dengan ajaran agama. Oleh karena itu, kepedulian sosial dalam hidup bermasyarakat harus selalu dibina dan dilestarikan," sebutnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka segala upaya dan kegiatan yang mengacu kepada pencapaian tujuan, seperti menolong kaum fakir miskin, menyantuni anak yatim piatu, dan memberikan bantuan material kepada orang yang lemah ekonominya harus kita kembangkan dan sukseskan.   

Zakat salah satu rukun islam yang bertujuan untuk menyantuni kaum fakir dan miskin. Zakat merupakan bagian dari ibadah umat islam yang memiliki 5 keutamaan yaitu : menyempurnakan agama; mensucikan dan menambah harta; mengampunkan dosa; mendekatkan diri kepada Allah SWT; dan mendatangkan keberkahan.

Masyarakat Sumbar yang memiliki falsafah Adat basandi syarak,  syarak basandi kitabullah (ABS - SBK) yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Kuantitas umat islam yang besar belum berbanding lurus dengan kualitas dari penganutnya. Indikator dari kualitas umat islam adalah pengamalan dari rukun islam itu sendiri, dimana salah satunya adalah menunaikan zakat.

Sementara itu Ketua Umum BKOW Sumbar Fitria Amalia Audy di awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ketua organisasi Bunga Sumbar yang bersedia bekerja sama dengan BKOW Sumbar dalam rangka bersama-sama menyalurkan zakat kepada masyarakat yang berhak menerimanya.  

Disamping penyaluran zakat Organisasi Bunga juga memberikan bantuan bakti sosial dalam bentuk penyediaan baju gamis, jilbab dan sarung untuk dikirim ke masyarakat yang membutuhkannya.  

"Kita menyadari bahwa pendemi Covid-19 yang melanda masyarakat dunia, Indonesia dan khususnya masyarakat Sumbar tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan saja, tetapi juga berdampak pada semua aspek kehidupan masyarakat, terutama pada aspek ekonomi," ucap Fitria Amalia.

Apalagi saat ini keprihatinan masyarakat semakin memuncak karena sebentar lagi meragaken akan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442H di mana banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.  

"Pada kesempatan ini perlu pula kami Sampaikan menginformasikan bahwa dalam rangka membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan dalam masa pandemi Covid-19 ini, selain dengan organisasi Bunga, BKOW juga bekerja sama dengan Bank Nagari dalam menyalurkan bantuan," ujarnya.

Sebanyak 100 paket sembako kepada masyarakat yang layak menerimanya. Disamping itu, pengurus BKOW Sumbar juga telah berinisiatif melakukan dan melakukan pendanaan dari internal pengurus untuk menyiapkan 100 paket sembako yang juga akan disumbangkan masyarakat yang membutuhkannya, dalam kegiatan "BKOW Berbagi".  

Selain itu BKOW, bersama Pemerintah Daerah provinsi Sumatera Barat juga ikut serta dalam Bazar Pasar Murah yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat.  Semua kegiatan tersebut dapat menunjukkan kepedulian pengurus BKOW dengan masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's