PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Gubernur berharap Randang Masuk Warisan Budaya Tak Benda Dunia UNESCO

TANAMONEWS - PADANG | Gubernur Sumbar Mahyeldi memberikan apresiasi tinggi kepada Lantamal II Padang yang menyelenggarakan kegiatan memasak rendang serentak di seluruh dunia sebagai bentuk dukungan untuk masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

"Ini merupakan momentum penting yang perlu kita catat, karena pertama kali dilaksanakan yang mengangkat warisan budaya dari Sumatera Barat dengan melibatkan masyarakat dunia," kata Mahyeldi saat menghadiri Gerakan Bersama guna mendukung dan mensukseskan Pendaftaran Randang sebagai Warisan Budaya Dunia bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Lantamal II, Dharma Pertiwi, Dekranas,  Bhayangkari, Minang Diaspora, Dekranasda Sumbar & Ikaboga yang diselenggarakan secara daring dan luring dari Padang, Sabtu 21/8.

Gubernur mengatakan randang merupakan salah satu makanan tradisional Minangkabau (Sumatera Batat) yang sangat terkenal di seantero penjuru nusantara bahkan telah dikenal di seluruh dunia.  

"Randang bahkan kembali berhasil masuk menjadi salah satu makanan terbaik di dunia versi CNN," ucapnya.

Randang diambil dari kata Marandang, yakni suatu proses pengolahan lauk dasar santan yang dimasak sampai kandungan airnya berkurang.  

Pada tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sumbar telah mengusulkan Randang (Warisan Budaya Takbenda Indonesia) ke dalam Warisan Budaya Takbenda (ICH) UNESCO untuk pengusulan tahun 2021 melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Untuk mendukung pengusulan Randang sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO, Pemerintah Provinsi Sumbar telah  menyelenggarakan berbagai aktivitas seperti: meresmikan Kampung Randang di Kota Payakumbuh dan semenjak 2012 telah melakukan berbagai kegiatan Festival Randang, mulai tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.  

Pada Tahun 2012 Balai Pelestrarian Nilai Budaya (BPNB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan penelitian/penelitian dan inventarisasi Karya Budaya Randang serta menerbitkan Buku tentang Randang (Inventarisasi Perlindungan Karya Budaya Randang Minangkabau, Warisan Leluhur yang Mendunia).

"Kita berharap sekali randang dapat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia (Intangible Cultural Heritage UNESCO).  Randang juga memberikan dampak positif terhadap ekonomi rumah tangga masyarakat," harapnya.

Selain itu, gubernur juga berharap dukungan dari semua pihak, dengan berbagai aktivitas yang mendorong penetapan Randang sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia (ICH UNESCO) dari Indonesia. 

Sebelumnya untuk mendukung dan mensukseskan makanan terlezat di dunia Rendang sebagai Warisan Budaya Indonesia ke UNESCO yang berasal dari Sumatera Barat, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Pemerintah Sumbar dan sejumlah Forkopimda menggelar gerakan bersama masak rendang serentak secara virtual di seluruh dunia, Sabtu.

Ibu Negara Iriana minta seluruh masyarakat Indonesia di seluruh Indonesia dan dunia untuk memasak rendang di masing-masing lokasi (di rumah atau dapur) secara serentak di seluruh dunia.

Pada tahun 2011 rendang  telah dinobatkan menjadi 50 makanan terenak di dunia versi CNN. Iriana menjelaskan, sejak tahun 2013, Randang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  

"Saya mengajak pada masyarakat seluruh di Indonesia, maupun di dunia untuk memasak randang saat ini di rumah. Mari dukung dan sukseskan, kita gaungkan Randang sebagai masakan terlezat dunia di seluruh Nusantara," ajak Iriana.

Ikut dalam acara yang diprakarsai Lantamal II Padang itu Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Kapolda Sumbar, Danrem 032/WBR, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Sutan Sjahrir dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar. (*)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza