PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Gubernur Sumbar Bersama Bupati dan Wabup Pasbar Tanam 8.400 Mangrove dan Cemara di Pantai Maligi Sasak

TANAMONEWS.COM, Maligi -- Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansarullah melakukan penanaman 8.400 bibit pohon mangrove dan cemara di pantai Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat, Rabu (1/9/2021).

Kunjugan Gubernur ke Maligi itu, didampingi sejumlah OPD Pemerintah Provinsi Sumbar, Bupati Pasaman Barat H Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Sekda Pasbar Hendra Putra, Forkopimda, dan OPD Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, diantaranya Kadis PUPR Jon Edwar, Kadis Kominfo Edy Murdani, Kadis Perikanan Arial Efendi, Plt Kalaksa BPBD Gustrizal. Hadir juga dalam kesempatan itu, anggota DPRD Sumbar Zulkenedi Said, Syawal, dan Suharjono.  

"Fungsi penanaman pohon ini guna mereduksi tekanan air laut, sehingga pantai terbebas dari abrasi," kata Gubernur Mahyeldi saat melakukan kunjungan kerja ke nagari persiapan Maligi.

Menurut Gubernur selain mereduksi tekanan air laut, penanaman mangrove juga bisa memajukan objek wisata pantai Maligi dan bernilai ekonomi bagi masyatakat setempat. 

"Saya minta masyarakat agar menjaga dan memelihara mangrove yang kita tanam ini, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk jangka panjang," katanya.

Selain itu, gubernur menyebutkan,  bahwa saat ini Sumbar telah mencanangkan  'Satu Juta Menanam  Batang Kelapa', mengingat potensi kelapa di Sumbar cukup besar dan bernilai ekonomis tinggi. 

"Semua nagari di Sumbar saat ini kita dorong untuk menanam pohon kelapa, karena semua unsur dari kelapa berguna, mulai dari isi, tempurung, batang dan daunnya juga bernilai ekonomis untuk kesejahteraan masyarakat," kata gubernur.

Gubernur juga menyampaikan, untuk membantu nelayan juga akan dipasang rumpon di pantai Maligi sebanyak 100 rumpon.

"Dengan adanya rumpon ini tentunya ikan akan lebih banyak bertelur dan berkumpul disana, selain itu juga dapat memudahkan nelayan untuk mendapatkan ikan lebih banyak, dan juga bisa memancing ikan disana," sebut gubernur.

Mengenai pembangunan jalan dan jembatan, Gubernur Mahyeldi mempersilakan berkoordinasi dengan Kadis PUPR dan Dinas PUPR Pasaman Barat dan instansi terkait yang dia bawa.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Nagari Maligi Dendi Hardiman dihadapan Gubernur dan bupati menyampaikan aspirasi bahwa jembatan dan jalan menuju Maligi sangat memprihatinkan. Sejumlah permohonan pembangungan pun disampaikan Dendi. Diantaranya akses jalan Maligi ke ibukota Kecamatan yang rusak parah sehingga biaya angkut warga yang juga berprofesi petani menjadi tinggi. 

"Kami ingin pak gubernur membangun  jembatan dan jalan ke kampung kami. Kalau jalan bagus tentu ekonomi masyarakat bisa meningkat, nelayan dan petani akan lebih dekat ke pusat kabupaten," kata Dendi.

Menurut Dendi diwilayahnya serba kekurangan, baik sektor pendidikan, Pustu, maupun jalan dan jembatan, termasuk alat tangkat nelayan yang minim sekali. 

"Kami berharap pak gubernur bisa membangun Puskesmas atau Pustu di sini, karena untuk berobat ke Simpang Empat cukup jauh dan membutuhkan waktu yang lama," katanya.

Menanggapi permintaan Pj Walinagari tersebut, Bupati Hamsuardi memberikan perhatian khusus kepada nagari Maligi. 

"Saya ingin tahun depan jalan ke Maligi sudah bagus," kata bupati.

Bupati menyebutkan bahwa tahun depan akan dibangun jembatan Suak dua Maligi dengan dana Rp500 juta melalui wali nagari, dan ditambah Rp200 juta lagi.

"Alhamdulillah tahun ini kita akan bangun jembatan Suak dua dengan dana Rp500 juta melalui wali nagari. Termasuk juga pembangunan jalan antara jembatan suak 1 dan 2, anggarannya Rp200 juta. Tahun depan dibangun jembatan ke sungai aur, sikilang. kita aspal jalannya," ungkap Hamsuardi.

Bupati tak ingin dana untuk pembangunan jalan atau jembatan diselewengkan. 

"Saya minta kepada wali nagari niat kita membangun jalan agar dikerjakan dengan baik, jangan dibelokkan uangnya kepada yang lain, sehingga manfaatnya betul berguna untuk masyarakat," kata bupati.(RSM)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza