PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Wagub Sumbar Tawari HIPMI Kelola Potensi Hilirisasi Sektor Pertanian

TANAMONEWS.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menawari anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar untuk menggarap potensi hilirisasi sektor pertanian yang belum banyak dilirik pengusaha di daerah itu.

"Sektor pertanian adalah penopang perekonomian Sumbar disamping UMKM. Namun belum banyak yang melirik industri hilirisasi dari sektor ini. HIPMI bisa menjadi motor penggerak agar pertanian di Sumbar semakin maju, petani juga semakin sejahtera," katanya saat membuka Diklatda HIPMI Sumbar 2021 dengan tema 

"HIPMI Penggerak Inovasi dan Kolaborasi Kebangkitan Ekonomi Sumbar" di Ballroom Hotel Basko, Senin (25/10/2021).

Audy mengatakan hasil pertanian Sumbar selama ini dibawa keluar dalam bentuk mentah. Harganya cenderung fluktuatif tergantung pasar atau penetapan dari pedagang.

Jika industri hilirisasi tumbuh di Sumbar, maka hasil pertanian bisa langsung diserap dengan harga wajar sehingga petani juga diuntungkan. Dengan demikian perekonomian akan bergerak semakin kencang.

Selain sektor tersebut, Pemprov Sumbar juga berupaya untuk memperkuat UMKM yang terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional saat krisis moneter 1998. Saat ini, kendala yang dihadapi sebagian besar UMKM adalah persoalan penjualan. Solusinya adalah digitalisasi.

"Salah satu berkah COVID-19 adalah percepatan digitalisasi di Indonesia. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membantu UMKM untuk menciptakan pasar," katanya.

Wagub juga meminta agar HIPMI berperan dalam mensukseskan program 100 ribu enterpreneur yang tengah diusung Pemprov Sumbar. Sebagai organisasi yang menaungi para pengusaha muda, HIPMI bisa menjadi mentor bagi generasi muda untuk menciptakan usaha-usaha baru.

"Ini adalah waktunya kita untuk bekerjasama membangun perekonomian daerah," katanya.

Sementara itu Ketua Umum BPD HIPMI Sumbar, Brian Putra Bastara mengatakan pihaknya siap untuk membantu Pemprov Sumbar untuk menciptakan 100 ribu enterpreneur guna mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

"HIPMI berupaya untuk memperkuat kemampuan pengusaha muda serta meluaskan wawasan disamping terus mendorong perluasan networking. Salah satunya melalui diklat mulai dari Diklatcab, Diklatda hingga Diklatnas," ujarnya.

Ikut hadir dalam kegiatan itu Wakil Walikota Solok, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming diwakilkan ketua dewan VII Dede Indra Perdana (via zoom), Bendahara Umum BPP HIPMI Hilda Kusumadewi, Ketua Dewan Pembina BPD HIPMI Sumbar : Iqra Cisa, dan Lantamal Pertama TNI Hargianto SE, MM, M.Si.**

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza