PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Gubernur Ajak Perantau Ikut Aktif Bangun Kampung Halaman

TANAMONEWS.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengajak para perantau Minang di Provinsi Riau untuk tetap menjaga ikatan emosional dengan kampung halaman serta ikut berperan aktif membangun daerah guna mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Perantau adalah salah satu kekuatan dari Ranah Minang. Hampir di seluruh daerah di Indonesia ada orang Minang. Selama ini peran perantau sudah sangat besar untuk membantu pembangunan Sumbar. Kita berharap ke depan ikatan emosional itu terus terjaga," katanya saat bertemu dengan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) dalam rangka bersilaturahmi di Pondok Patin HM. Yunus Pekanbaru, Jum'at (12/11/2021).

Ia mengatakan saat ini Pemprov Sumbar serius untuk pembangunan di bidang pertanian dan pariwisata karena dua bidang itu dinilai paling potensial dalam menggerakkan perekonomian daerah.

"Kita ingin petani di Sumbar sejahtera, demikian juga masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata," ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani itu adalah dengan menjalin kerjasama antara provinsi yang berbatasan dengan Sumbar seperti Riau, Kepri, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Utara.

"Minggu sebelumnya kita bertemu dengan Gubernur Riau. Informasinya 70 persen kebutuhan pangan Riau di suplai dari Sumbar. Sebaliknya, Sumbar butuh dukungan jagung dari Riau untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam. Ini adalah potensi, karena itu kita datang ke Riau saat ini sekaligus untuk menjalin kerjasama bidang pangan dan pertanian ini," katanya.

Ia mengatakan saat ini kolaborasi dan sinergi adalah solusi untuk mempercepat pertumbahan ekonomi yang terdampak akibat pandemi. "Tidak semua kebutuhan kita bisa dipenuhi sendiri karena itu sinergi antar daerah berbatasan sangat perlu," ujarnya.

Ke depan kerjasama dengan menkoneksikan provinsi-provinsi di Sumatera perlu dibangun guna mempercepat pembangunan daerah.

Sementara itu Wakil Ketua IKMR Provinsi Riau Darmansyah mengapresiasi kedatangan Gubernur ke Riau yang menunjukkan kepedulian kepala daerah terhadap warga Minang di perantauan.

"Kunjungan ini mempererat ikatan emosional antara ranah dan rantau," ujarnya.

Ikut hadir dalam acara itu Ketua IKMR Kota Pekanbaru Tulus, dan Wakil Walikota Pekanbaru, jajaran ikatan keluarga Luhak Agam yang tergabung di IKMR.*

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza